Pengaruh penerapan pembelajaran berbasis STEAM terhadap berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi pada siswa SMA

Najuba, Hilyatun (2025) Pengaruh penerapan pembelajaran berbasis STEAM terhadap berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi pada siswa SMA. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SUKET BEBAS PLAGIASI)
Surat plagiarism (1).pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (487kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (589kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)

Abstract

Era Revolusi Industri 4.0 menuntut sistem pendidikan mampu menghasilkan lulusan yang tidak hanya menguasai pengetahuan, tetapi juga memiliki kompetensi berpikir kritis, kreativitas, dan kemampuan kolaborasi yang tinggi. Salah satu pendekatan yang dianggap efektif untuk mengembangkan kompetensi tersebut adalah pembelajaran berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan pembelajaran berbasis STEAM terhadap kompetensi siswa, khususnya kemampuan berpikir kritis, kreativitas, dan kolaborasi di SMA pada era 4.0. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Instrumen penelitian berupa angket yang telah divalidasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi linear sederhana untuk masing-masing variabel kompetensi. Analisis juga dilakukan untuk melihat pengaruh signifikan antara penerapan STEAM dan peningkatan kemampuan berpikir kritis, kreativitas, serta kolaborasi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis STEAM memberikan pengaruh yang signifikan terhadap kompetensi siswa. Khususnya, kemampuan berpikir kritis meningkat melalui kegiatan analisis masalah dan pengambilan keputusan berbasis proyek, kreativitas siswa berkembang melalui desain dan inovasi dalam eksperimen, dan kemampuan kolaborasi meningkat melalui kerja kelompok yang terpandu. Temuan ini menegaskan bahwa integrasi STEAM dalam proses pembelajaran bukan hanya meningkatkan kompetensi akademik, tetapi juga mempersiapkan siswa menghadapi tantangan sosial dan teknologi di era digital. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa guru perlu menerapkan strategi STEAM secara sistematis dan berkesinambungan, serta sekolah perlu menyediakan sarana dan prasarana yang mendukung. Dengan demikian, pembelajaran berbasis STEAM dapat menjadi salah satu solusi dalam mempersiapkan generasi yang kompeten dan adaptif pada era 4.0.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: STEAM: berpikir kritis: kreativitas: kolaborasi
Subjects: Education, Research
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Hilyatun Najuba
Date Deposited: 13 Oct 2025 04:10
Last Modified: 13 Oct 2025 04:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123292

Actions (login required)

View Item View Item