Penerapan pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan kombucha salak pondoh (Salacca zalacca var pondoh) untuk meningkatkan literasi nutrisi peserta didik

Febrianto, Mohammad Ryan (2025) Penerapan pembelajaran berbasis proyek pada pembuatan kombucha salak pondoh (Salacca zalacca var pondoh) untuk meningkatkan literasi nutrisi peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

This is the latest version of this item.

[img] Text
1_cover.pdf

Download (338kB)
[img] Text
2_abstrak.pdf

Download (209kB)
[img] Text
3_skbebasplagiarism.pdf

Download (192kB)
[img] Text
4_daftarisi.pdf

Download (262kB)
[img] Text
5_bab1.pdf

Download (427kB)
[img] Text
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB)
[img] Text
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB)
[img] Text
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB)
[img] Text
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB)
[img] Text
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Rendahnya literasi nutrisi menyebabkan pola konsumsi yang tidak seimbang dan meningkatnya masalah gizi di kalangan remaja, menandakan perlunya pembelajaran inovatif yang menghubungkan teori dengan praktik nyata. Salah satu upaya yang relevan ialah penerapan pembelajaran berbasis proyek melalui pembuatan kombucha dari salak pondoh sebagai produk fermentasi sehat yang dapat meningkatkan pemahaman gizi peserta didik. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan aktivitas, kinerja, peningkatan literasi nutrisi, serta karakteristik produk yang dihasilkan. Penelitian menggunakan model penelitian pre-experiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest serta instrumen berupa lembar kerja, lembar observasi, tes literasi nutrisi, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan skor aktivitas peserta didik selama pembelajaran yaitu 5% kurang baik, 54% baik, dan 41% sangat baik. Kinerja peserta didik tergolong sangat baik dengan nilai rata-rata 84. Peningkatan literasi nutrisi tercermin dari nilai N-Gain, yaitu pada aspek Pengetahuan tentang gizi atau nutrisi dan keamanan produk pangan dan keamanan produk pangan sebesar 0,759 (tinggi), menganalisis keamanan dan kehalalan produk pangan berdasarkan proses dan prosedur pembuatannya sebesar 0,692 (sedang), dan Keterampilan dalam proses pembuatan produk bernutrisi, aman, dan halal sebesar 0,746 (tinggi). Aspek sikap menunjukkan 78,5% peserta didik sangat setuju dan 21,5% setuju terhadap konsumsi makanan bergizi halal. Aspek perilaku menunjukkan 83,25% sangat setuju dan 16,75% setuju terhadap pola hidup sehat. Karakteristik kombucha salak pondoh hasil fermentasi 12 hari memenuhi standar kombucha, keamanan, dan kehalalan dengan pH 2,67–3,01, kadar asam asetat 0,45–1,81%, etanol 0,058–0,200%, serta aktivitas antioksidan dengan nilai IC50 91,63 µg/mL. Dengan demikian, pembelajaran berbasis proyek efektif meningkatkan literasi nutrisi sekaligus menghasilkan produk fermentasi lokal yang bergizi, fungsional, dan halal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kombucha salak pondoh; literasi nutrisi; pembelajaran berbasis proyek
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Secondary Education > Upper Level Secondary School
Chemistry and Allied Science
Microorganisms
Microorganisms > Prokaryotes, Bacteria
Microorganisms > Fungi, Eumycophyta
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Mohammad Ryan Febrianto
Date Deposited: 21 Oct 2025 07:45
Last Modified: 21 Oct 2025 07:45
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/123694

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item