Qurratu'aini, Jilan (2025) Penerapan model Accelerated Learning Tipe Trade A Problem (TAP) berbantuan platform proprofs untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-motivation. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text (SURAT KETERANGAN BEBAS PUSTAKA)
Surat Keterangan Bebas Plagiasi.pdf Download (605kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (320kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (421kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (601kB) |
||
|
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (674kB) |
||
|
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (319kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini menelaah pengaruh penerapan model Accelerated Learning tipe Trade a Problem (TAP) berbantuan platform Proprofs terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-motivation peserta didik. Metode mixed methods dengan desain sequential explanatory digunakan untuk memperoleh gambaran yang komprehensif, menggunakan analisis kuantitatif dan juga analisis data kualitatif. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas VII di SMP Negeri 2 Cileunyi, yakni kelas eksperimen yang belajar menggunakan model Accelerated Learning tipe Trade a Problem berbantuan Proprofs dan kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan mencakup tes pemecahan masalah matematis berdasarkan indikator Polya serta angket selfmotivation berdasarkan teori Deci dan Ryan. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas Kolmogorov Smirnov, uji homogenitas Levene, dan uji perbedaan menggunakan Welch’s t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami peningkatan akan tetapi rerata n-gain kelas kontrol sedikit lebih tinggi, namun secara statistik perbedaan tersebut tidak signifikan. Model Accelerated Learning tipe Trade a Problem berbantuan Proprofs juga memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan self-motivation melalui kegiatan kolaboratif, diskusi interaktif, dan pemanfaatan media digital yang menarik. Dengan demikian, model ini menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran matematika untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan motivasi belajar secara simultan.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Accelerated Learning Tipe Trade a Problem; kemampuan pemecahan masalah matematis; Self-Motivation |
| Subjects: | Education Mathematics |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | jilan qurratu'aini |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 01:53 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 01:53 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126628 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



