Penerapan model Accelerated Learning Tipe Trade A Problem (TAP) berbantuan platform proprofs untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-motivation

Qurratu'aini, Jilan (2025) Penerapan model Accelerated Learning Tipe Trade A Problem (TAP) berbantuan platform proprofs untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-motivation. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT KETERANGAN BEBAS PUSTAKA)
Surat Keterangan Bebas Plagiasi.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (601kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (309kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini menelaah pengaruh penerapan model Accelerated Learning tipe Trade a Problem (TAP) berbantuan platform Proprofs terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-motivation peserta didik. Metode mixed methods dengan desain sequential explanatory digunakan untuk memperoleh gambaran yang komprehensif, menggunakan analisis kuantitatif dan juga analisis data kualitatif. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas VII di SMP Negeri 2 Cileunyi, yakni kelas eksperimen yang belajar menggunakan model Accelerated Learning tipe Trade a Problem berbantuan Proprofs dan kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan mencakup tes pemecahan masalah matematis berdasarkan indikator Polya serta angket selfmotivation berdasarkan teori Deci dan Ryan. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas Kolmogorov Smirnov, uji homogenitas Levene, dan uji perbedaan menggunakan Welch’s t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol mengalami peningkatan akan tetapi rerata n-gain kelas kontrol sedikit lebih tinggi, namun secara statistik perbedaan tersebut tidak signifikan. Model Accelerated Learning tipe Trade a Problem berbantuan Proprofs juga memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan self-motivation melalui kegiatan kolaboratif, diskusi interaktif, dan pemanfaatan media digital yang menarik. Dengan demikian, model ini menjadi alternatif inovatif dalam pembelajaran matematika untuk mengembangkan kemampuan kognitif dan motivasi belajar secara simultan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Accelerated Learning Tipe Trade a Problem; kemampuan pemecahan masalah matematis; Self-Motivation
Subjects: Education
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: jilan qurratu'aini
Date Deposited: 15 Dec 2025 01:53
Last Modified: 15 Dec 2025 01:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126628

Actions (login required)

View Item View Item