Pendekatan Problem-Centered Learning (PCL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-persistence peserta didik

Syafa, Adilla (2025) Pendekatan Problem-Centered Learning (PCL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-persistence peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_sk bebas plagiarisme.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf

Download (592kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (712kB)
[img] Text (BAB III)
7_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (581kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
9_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-persistence merupakan salah satu hal yang perlu dikuasai dan dimiliki oleh peserta didik. Namun, pada kenyataannya di sekolah peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memecahkan permasalahan matematis karena kurangnya kegigihan diri. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dari penerapan pendekatan Problem-Centered Learning (PCL) dan mengetahui self-persistence dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 1 Cicalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian The Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group Design. sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas X-8 yang digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas X-7 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan proses pembelajaran matematika yang menerapkan pendekatan Problem-Centered Learning (PCL) terlaksana dengan sangat baik; (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada kelas eksperimen meningkat dan berada pada kategori tinggi; (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada kelas kontrol juga meningkat dan berada pada kategori sedang; (4) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menerapkan pendekatan PCL lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menerapkan pembelajaran konvensional; (5) Self-persistence peserta didik yang menerapkan pendekatan PCL termasuk pada kategori tinggi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Problem-Centered Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Self-Persistence
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Adilla Syafa
Date Deposited: 12 Dec 2025 07:56
Last Modified: 12 Dec 2025 07:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126636

Actions (login required)

View Item View Item