Syafa, Adilla (2025) Pendekatan Problem-Centered Learning (PCL) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-persistence peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISME)
3_sk bebas plagiarisme.pdf Restricted to Registered users only Download (816kB) |
||
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftar isi.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab 1.pdf Download (592kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (712kB) |
||
|
Text (BAB III)
7_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (581kB) |
||
|
Text (BAB IV)
8_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB V)
9_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftar pustaka.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-persistence merupakan salah satu hal yang perlu dikuasai dan dimiliki oleh peserta didik. Namun, pada kenyataannya di sekolah peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memecahkan permasalahan matematis karena kurangnya kegigihan diri. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengukur peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis dari penerapan pendekatan Problem-Centered Learning (PCL) dan mengetahui self-persistence dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X SMA Negeri 1 Cicalengka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian The Pretest-Posttest Non-Equivalent Control Group Design. sampel penelitian ini yaitu peserta didik kelas X-8 yang digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas X-7 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Keterlaksanaan proses pembelajaran matematika yang menerapkan pendekatan Problem-Centered Learning (PCL) terlaksana dengan sangat baik; (2) Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada kelas eksperimen meningkat dan berada pada kategori tinggi; (3) Kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik pada kelas kontrol juga meningkat dan berada pada kategori sedang; (4) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menerapkan pendekatan PCL lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menerapkan pembelajaran konvensional; (5) Self-persistence peserta didik yang menerapkan pendekatan PCL termasuk pada kategori tinggi.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Problem-Centered Learning; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis; Self-Persistence |
| Subjects: | Education, Research |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Adilla Syafa |
| Date Deposited: | 12 Dec 2025 07:56 |
| Last Modified: | 12 Dec 2025 07:56 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126636 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



