Pendekatan etnomatematika pada Sarung Tenun Poléng Khas Majalaya untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan self-persistence siswa

A'isy, Azmiyah Rihadatul (2025) Pendekatan etnomatematika pada Sarung Tenun Poléng Khas Majalaya untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan self-persistence siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (237kB) | Preview
[img] Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
5_bab1.pdf

Download (505kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
6_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
7_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (599kB)
[img] Text (BAB IV)
8_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
9_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (224kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengukur dan mengetahui penerapan etnomatematika dalam proses pembelajaran. Secara khusus, penelitian ini berfokus pada identifikasi tahapan pembelajaran menggunakan pendekatan etnomatematika serta perbandingan peningkatan kemampuan representasi matematis pada aspek ekspresi, visual, dan verbal antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan etnomatematika dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, sampel yang diambil yakni kelas X-1 dan X-2 dari SMA Negeri 2 Majalaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tahapan pembelajaran dengan pendekatan etnomatematika berlangsung secara efektif dan sesuai dengan rancangan yang telah ditetapkan. Mayoritas indikator kemampuan representasi matematis pada kelas eksperimen berada pada kriteria kurang dari 70%, sehingga diperlukan bimbingan lebih mendalam. Selain itu, diperoleh perbedaan peningkatan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Temuan penelitian ini juga menunjukkan adanya perbedaan self-persistence siswa sebelum dan sesudah penerapan pendekatan etnomatematika pada sarung tenun poléng khas Majalaya. Dengan demikian, pendekatan etnomatematika dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang kontekstual dan efektif dalam mengembangkan kemampuan representasi matematis serta ketekunan belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Represetasi Matematis; Pendekatan Etnomatematika; Self-Persistence; Sarung Tenun Poléng
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Azmiyah Rihadatul Aisy
Date Deposited: 15 Dec 2025 02:12
Last Modified: 15 Dec 2025 02:12
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126637

Actions (login required)

View Item View Item