A'isy, Azmiyah Rihadatul (2025) Pendekatan etnomatematika pada Sarung Tenun Poléng Khas Majalaya untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan self-persistence siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (237kB) | Preview |
|
|
Text (SK BEBAS PLAGIARISM)
3_skbebasplagiarism.pdf Restricted to Registered users only Download (395kB) |
||
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (213kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (505kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (599kB) |
||
|
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
|
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
||
|
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengukur dan mengetahui penerapan etnomatematika dalam proses pembelajaran. Secara khusus, penelitian ini berfokus pada identifikasi tahapan pembelajaran menggunakan pendekatan etnomatematika serta perbandingan peningkatan kemampuan representasi matematis pada aspek ekspresi, visual, dan verbal antara siswa yang memperoleh pembelajaran dengan pendekatan etnomatematika dan siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group, sampel yang diambil yakni kelas X-1 dan X-2 dari SMA Negeri 2 Majalaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan tahapan pembelajaran dengan pendekatan etnomatematika berlangsung secara efektif dan sesuai dengan rancangan yang telah ditetapkan. Mayoritas indikator kemampuan representasi matematis pada kelas eksperimen berada pada kriteria kurang dari 70%, sehingga diperlukan bimbingan lebih mendalam. Selain itu, diperoleh perbedaan peningkatan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Temuan penelitian ini juga menunjukkan adanya perbedaan self-persistence siswa sebelum dan sesudah penerapan pendekatan etnomatematika pada sarung tenun poléng khas Majalaya. Dengan demikian, pendekatan etnomatematika dapat dijadikan sebagai alternatif strategi pembelajaran yang kontekstual dan efektif dalam mengembangkan kemampuan representasi matematis serta ketekunan belajar siswa.
| Item Type: | Thesis (Sarjana) |
|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Represetasi Matematis; Pendekatan Etnomatematika; Self-Persistence; Sarung Tenun Poléng |
| Subjects: | Education > Research and Statistical Methods |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
| Depositing User: | Azmiyah Rihadatul Aisy |
| Date Deposited: | 15 Dec 2025 02:12 |
| Last Modified: | 15 Dec 2025 02:12 |
| URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/126637 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |



