Pengembangan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik: Penelitian mix method di kelas VIII MTsN 2 Kawali

Maesyaroh, N. Kinkin (2018) Pengembangan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik: Penelitian mix method di kelas VIII MTsN 2 Kawali. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (335kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (927kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (659kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berawal dari adanya permasalahan yang terjadi di lapangan yaitu pembelajaran SKI di MTsN 2 Ciamis belum sepenuhnya optimal dan maksimal, pembelajaran SKI dirasa sulit dan membosankan serta metode yang digunakan monoton dan memakan waktu yang relatif lama untuk dapat mencapai target pembelajaran SKI, sehingga minat peserta didik terhadap pembelajaran SKI pun berkurang. Keadaan tersebut tentunya berdampak pada hasil belajar peserta didik yang kurang memuaskan, sehingga perlu adanya upaya yang dilakukan guru guna menarik minat dan meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran SKI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Perencanaan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (2) Proses dan metode pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (3) Hasil pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (4) Faktor penghambat dan pendukung pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam melalui media audio visual untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan pendekatan mix methods dengan desain tipe exploratory yang termasuk ke dalam model squential. Penelitian dimulai sejak bulan Maret sampai dengan bulan Mei 2018 dengan populasi siswa Kelas VIII MTsN 2 Ciamis. Sampel yang diambil adalah peserta didik Kelas VIII A berjumlah sebanyak 30 orang. Pengumpulan datanya dilakukan dengan metode observasi, tes (pretest-posttest), wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pembelajaran dengan menggunakan media audio visual terbukti mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran SKI dengan maksimal. Hal tersebut dapat dilihat dari nilai pretest dan posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai pretest kedua kelompok berada pada kategori kurang. Sedangkan setelah diadakan pembelajaran dengan media audio visual untuk kelompok eksperimen dan tanpa menggunakan media auido visual untuk kelompok kontrol, kelompok eksperimen mendapatkan nilai dengan kategori cukup tinggi dan kelompok kontrol mendapatkan nilai dengan kategori sedang. Kemudian nilai peningkatan penggunaan media audio visual dengan tanpa menggunakan media audio visual dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar peserta didik pada kedua kelompok. Pada kelompok eksperimen yang menggunakan media audio visual mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 1.66 dan posttest sebesar 3.20, rata-rata peningkatan (posttest-pretest) sebesar 1.54 dan termasuk pada kategori peningkatan cukup tinggi. Sedangkan kelompok kontrol yang tanpa menggunakan media audio visual mendapatkan nilai rata-rata pretest sebesar 1.73 dan posttest sebesar 2.56, rata-rata peningkatan (posttest-pretest) sebesar 0.83 dan termasuk dalam kategori sedang. Dari pemaparan di atas, maka jelaslah bahwa hasil belajar kelompok eksperimen yang menggunakan media audio visual mengalami peningkatan yang lebih tinggi dibanding dengan tanpa menggunakakan media audio visual. Jadi, penggunaan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar pesrta didik dalam pembelajaran SKI dibanding tanpa menggunakan media audio visual. Oleh karena itu direkomendasikan untuk menggunakan media audio visual dalam setiap pembelajaran SKI, di samping guru pun harus memperhatikan perencanaan, proses serta metode dalam pembelajaran SKI.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Media Audio Visual; Hasil Belajar
Subjects: Education
Education > Research and Statistical Methods
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: N. Kinkin Maesyaroh
Date Deposited: 17 Dec 2018 04:13
Last Modified: 13 Jan 2022 01:23
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/17259

Actions (login required)

View Item View Item