Nurhayati, Yeti (2018) Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan literasi lingkungan siswa pada materi pencemaran lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (74kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (127kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (240kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) | Request a copy |
Abstract
Lingkungan menyediakan sumber daya alam yang dibutuhkan manusia untuk menunjang kehidupannya. Namun, berbagai aktivitas manusia menghasilkan limbah yang sebagian besar tidak dikelola dengan baik dan dibuang ke lingkungan yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Sehingga kesadaran dalam kemampuan literasi lingkungan perlu dimunculkan sejak dini melalui model pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi lingkungan domain kognitif dan keterampilan kognitif siswa pada materi pencemaran lingkungan serta menganalisis perbedaan sikap dan perilaku literasi lingkungan antara siswa kelas eksperimen dan kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design dimana kelompok kontrol maupun eksperimen tidak dipilih secara random. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung (0,33) < ttabel (1,994) sehingga H0 diterima dan H1 ditolak. Artinya Problem Based Learning (PBL) tidak berpengaruh positif terhadap kemampuan literasi lingkungan siswa pada materi pencemaran lingkungan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | problem based learning; literasi lingkungan siswa; pencemaran lingkungan; |
Subjects: | Natural Science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Yeti Nurhayati |
Date Deposited: | 11 Feb 2019 03:56 |
Last Modified: | 11 Feb 2019 03:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18574 |
Actions (login required)
View Item |