Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan literasi lingkungan siswa pada materi pencemaran lingkungan

Nurhayati, Yeti (2018) Pengaruh problem based learning terhadap kemampuan literasi lingkungan siswa pada materi pencemaran lingkungan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (22kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (240kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (481kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (25kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

Lingkungan menyediakan sumber daya alam yang dibutuhkan manusia untuk menunjang kehidupannya. Namun, berbagai aktivitas manusia menghasilkan limbah yang sebagian besar tidak dikelola dengan baik dan dibuang ke lingkungan yang dapat menyebabkan pencemaran lingkungan. Sehingga kesadaran dalam kemampuan literasi lingkungan perlu dimunculkan sejak dini melalui model pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Problem Based Learning terhadap kemampuan literasi lingkungan domain kognitif dan keterampilan kognitif siswa pada materi pencemaran lingkungan serta menganalisis perbedaan sikap dan perilaku literasi lingkungan antara siswa kelas eksperimen dan kontrol. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan desain Nonequivalent Control Group Design dimana kelompok kontrol maupun eksperimen tidak dipilih secara random. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung (0,33) < ttabel (1,994) sehingga H0 diterima dan H1 ditolak. Artinya Problem Based Learning (PBL) tidak berpengaruh positif terhadap kemampuan literasi lingkungan siswa pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: problem based learning; literasi lingkungan siswa; pencemaran lingkungan;
Subjects: Natural Science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Yeti Nurhayati
Date Deposited: 11 Feb 2019 03:56
Last Modified: 11 Feb 2019 03:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/18574

Actions (login required)

View Item View Item