Tanggapan siswa terhadap penerapan metode reading aloud hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian di Kelas VIII SMP Negeri 3 Rancaekek

Nurhotimah, Titin (2018) Tanggapan siswa terhadap penerapan metode reading aloud hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian di Kelas VIII SMP Negeri 3 Rancaekek. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (265kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (522kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (478kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (393kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (170kB) | Request a copy

Abstract

Sekolah merupakan pendidikan kedua setelah keluarga. Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai salau satu mata pelajaran di sekolah yang mempunyai peran yang sangat strategis dalam pembentukan akhlak pribadi siswa. Namun pada kenyataannya Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kelas VIII SMP Negeri 3 Rancaekek kurang mendapatkan perhatian dari para siswa. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan oleh guru dan juga sarana yang digunakan dalam menyampaikan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terkadang membuat siswa bosan. Berdasarkan fenomena tersebut peneliti akan mengkaji bagaimana tanggapan siswa terhadap penerapan metode reading aloud terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode reading aloud pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kelas VIII SMP Negeri 3 Rancaekek. Pemikiran ini berdasarkan titik tolak bahwa motivasi belajar dalam mata pelejaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat dipengaruhi oleh penerapan metode reading aloud. Dari pemikiran tersebut diketahui bahwa metode reading aloud dapat memberikan konstribusi yang positif bagi siswa yang artinya bahwa pembelajaran ini dapat memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penggunaan penarikan sampel nya menggunakan cluster randown sampling dengan sampel kelas VIII SMP Negeri 3 Rancaekek. Berdasarkan analisa yang dilakukan, diperoleh dari realitas metode reading aloud termasuk kualifikasi sedang dengan nilai rata-rata 3,20 berada pada interval 2,60 -3,39. Realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) termasuk kualifikasi tinggi dengan nilai rata-rata 3,87 berada pada interval 3,40 – 4,19. Dari hasil analisis korelasi mengenai kedua variabel diperoleh korelasi sebesar 0,54 termasuk kedalam korelasi sedang karena berada pada interval 0,40 – 0,60. Dari Hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,96 dan ttabel sebesar 0,68, maka hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan terdapat korelasi positif antara penerapan metode pembelajaran Reading Aloud dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diterima

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sekolah; Reading Aloud; Motivasi Belajar;
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: titin nur khotimah
Date Deposited: 27 May 2019 07:37
Last Modified: 27 May 2019 07:37
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/20668

Actions (login required)

View Item View Item