Nurhotimah, Titin (2018) Tanggapan siswa terhadap penerapan metode reading aloud hubungannya dengan motivasi belajar siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Penelitian di Kelas VIII SMP Negeri 3 Rancaekek. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (265kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (522kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (474kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (478kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
Abstract
Sekolah merupakan pendidikan kedua setelah keluarga. Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai salau satu mata pelajaran di sekolah yang mempunyai peran yang sangat strategis dalam pembentukan akhlak pribadi siswa. Namun pada kenyataannya Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kelas VIII SMP Negeri 3 Rancaekek kurang mendapatkan perhatian dari para siswa. Hal ini dikarenakan metode yang digunakan oleh guru dan juga sarana yang digunakan dalam menyampaikan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) terkadang membuat siswa bosan. Berdasarkan fenomena tersebut peneliti akan mengkaji bagaimana tanggapan siswa terhadap penerapan metode reading aloud terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana motivasi belajar siswa dengan menggunakan metode reading aloud pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Kelas VIII SMP Negeri 3 Rancaekek. Pemikiran ini berdasarkan titik tolak bahwa motivasi belajar dalam mata pelejaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dapat dipengaruhi oleh penerapan metode reading aloud. Dari pemikiran tersebut diketahui bahwa metode reading aloud dapat memberikan konstribusi yang positif bagi siswa yang artinya bahwa pembelajaran ini dapat memberikan pengaruh terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Penggunaan penarikan sampel nya menggunakan cluster randown sampling dengan sampel kelas VIII SMP Negeri 3 Rancaekek. Berdasarkan analisa yang dilakukan, diperoleh dari realitas metode reading aloud termasuk kualifikasi sedang dengan nilai rata-rata 3,20 berada pada interval 2,60 -3,39. Realitas motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) termasuk kualifikasi tinggi dengan nilai rata-rata 3,87 berada pada interval 3,40 – 4,19. Dari hasil analisis korelasi mengenai kedua variabel diperoleh korelasi sebesar 0,54 termasuk kedalam korelasi sedang karena berada pada interval 0,40 – 0,60. Dari Hasil uji hipotesis diperoleh thitung sebesar 3,96 dan ttabel sebesar 0,68, maka hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan terdapat korelasi positif antara penerapan metode pembelajaran Reading Aloud dengan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam diterima
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sekolah; Reading Aloud; Motivasi Belajar; |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | titin nur khotimah |
Date Deposited: | 27 May 2019 07:37 |
Last Modified: | 27 May 2019 07:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/20668 |
Actions (login required)
View Item |