Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Augmented Reality (AR) pada materi virus

Ramadhaniah, Nurul (2019) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Augmented Reality (AR) pada materi virus. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1_cover.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (209kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB) | Request a copy

Abstract

Penggunaan LKS sebagai bahan ajar dapat membantu guru dalam mengaktifkan peran siswa dalam pembelajaran. Kenyataan di lapangan menunjukkan adanya hambatan yang dialami oleh siswa dalam pembelajaran menggunakan LKS. Hal tersebut dapat terjadi karena masih terdapat kekurangan dari LKS yang dipakai meliputi aspek tampilan, isi, dan bahasa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan dan analisis kelayakan LKS berbasis augmented reality (AR) pada materi virus. Metode penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4-D yang dibatasi hingga 3-D dengan tahapan define, design, dan develop. Penelitian dilaksanakan di MA Persatuan Islam Banjaran dan UIN Sunan Gunung Djati. Subjek penelitian terdiri dari tiga orang validator ahli dan 35 orang siswa kelas X B. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbaikan yang dilakukan terhadap LKS yang dikembangkan berdasarkan masukan dari ahli materi, hasil rata-rata validasi ahli sebesar 85.7 dengan kategori sangat valid, dan hasil rata-rata uji keterbacaan siswa sebesar 3.3 dengan kategori sangat baik. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini yaitu LKS berbasis AR pada materi virus mengalami satu kali perbaikan dengan hasil revisi yang bersifat sangat valid serta sangat baik sehingga layak digunakan dalam pembelajaran materi virus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kerja Siswa; Augmented Reality; Virus;
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Nurul Ramadhaniah
Date Deposited: 15 Jan 2020 04:05
Last Modified: 15 Jan 2020 04:05
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/28775

Actions (login required)

View Item View Item