Penerapan model pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem

Rizal, Cery (2019) Penerapan model pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAPTAR ISI)
3_daptarisi.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (316kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (677kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (576kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (208kB)

Abstract

Dalam pembelajaran masih banyak guru yang menerapkan model pembelajaran yang berorientasi pada target penyelesaian pembelajaran tanpa mengetahui jalinan antara konsep yang di ajarkan, sehingga siswa masih cenderung bosan dan kebingungan terhadap materi yang telah diberikan oleh guru, dan berakibat pada hasil pembelajaran siswa yang kurang maksimal dalam pencapaian target hasil belajarnya. Berdasarkan hal tersebut model SAVI merupakan solusi bagi permasalahan tersebut. Secara umum penelitian ini untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada materi ekosistem menggunakan model SAVI ( Somatic, Auditory, Visual, Intellectual). Metode penelitian menggunakan Pre Eksperimen. desain penelitian yang digunakan adalah nonequikvalen control. Instrument merupakan tes, serta lembar observasi. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. Data diperoleh dari 15 soal pilihan ganda untuk pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan model SAVI terlaksana dengan cukup baik yaitu keterlaksanaan aktivitas guru (84,08%) dan aktivitas siswa (88,57%). Hasil belajar peserta didik dengan model SAVI memperoleh persentase N-gain 0,31 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil analisis data postest diperoleh nilai Thitung 5,52> Ttabel = 2,02 Jadi dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran SAVI membantu peningkatan hasil belajar siswa pada materi ekosistem

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; SAVI ( Somatic, Auditory, Visual, Intellectual); ekosistem; hasil belajar;
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Depositing User: cery rizal fauzi
Date Deposited: 05 Feb 2020 07:51
Last Modified: 05 Feb 2020 07:51
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/29184

Actions (login required)

View Item View Item