Rizal, Cery (2019) Penerapan model pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual (SAVI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ekosistem. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (119kB) | Preview |
|
|
Text (DAPTAR ISI)
3_daptarisi.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (316kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (677kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (576kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (447kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
Abstract
Dalam pembelajaran masih banyak guru yang menerapkan model pembelajaran yang berorientasi pada target penyelesaian pembelajaran tanpa mengetahui jalinan antara konsep yang di ajarkan, sehingga siswa masih cenderung bosan dan kebingungan terhadap materi yang telah diberikan oleh guru, dan berakibat pada hasil pembelajaran siswa yang kurang maksimal dalam pencapaian target hasil belajarnya. Berdasarkan hal tersebut model SAVI merupakan solusi bagi permasalahan tersebut. Secara umum penelitian ini untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa pada materi ekosistem menggunakan model SAVI ( Somatic, Auditory, Visual, Intellectual). Metode penelitian menggunakan Pre Eksperimen. desain penelitian yang digunakan adalah nonequikvalen control. Instrument merupakan tes, serta lembar observasi. Analisis data penelitian meliputi uji normalitas, uji hipotesis dan uji N-Gain. Data diperoleh dari 15 soal pilihan ganda untuk pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan model SAVI terlaksana dengan cukup baik yaitu keterlaksanaan aktivitas guru (84,08%) dan aktivitas siswa (88,57%). Hasil belajar peserta didik dengan model SAVI memperoleh persentase N-gain 0,31 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil analisis data postest diperoleh nilai Thitung 5,52> Ttabel = 2,02 Jadi dapat disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran SAVI membantu peningkatan hasil belajar siswa pada materi ekosistem
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; SAVI ( Somatic, Auditory, Visual, Intellectual); ekosistem; hasil belajar; |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Depositing User: | cery rizal fauzi |
Date Deposited: | 05 Feb 2020 07:51 |
Last Modified: | 05 Feb 2020 07:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/29184 |
Actions (login required)
View Item |