Susi Furnamasari, Susi (1211205074) (2015) Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 7E (Elicit, Engage, Explore, Explain, Elaborate, Evaluate, Extend) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa (Penelitian Quasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Cileunyi). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (791kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (331kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan eksperimen yang difokuskan pada kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMP dengan menerapkan model pembelajaran learning cycle 7E. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis siswa sehingga diperlukan alternatif pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa. Tujuan penelitian ini adalah : 1) mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran matematika dengan model pembelajaran learning cycle 7E berkelompok dan model pembelajaran learning cycle 7E berpasangan; 2) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif matematis antara siswa yang menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E berkelompok, model pembelajaran learning cycle 7E berpasangan dan pembelajaran konvensional; 3) mengetahui sikap siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental bentuk nonequivalen control group design, yang dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 2 Ciluenyi dengan sampel kelas Eksperimen I, kelas Eksperimen II dan kelas kontrol yang dipilih secara acak dengan pokok bahasan bangun ruang sisi datar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E berkelompok maupun berpasangan lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; 2) Respons siswa terhadap pembelajaran learning cycle 7E menunjukkan respons yang positif, dapat dilihat dari angket dan hasil observasi terhadap aktivitas guru dan siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Learning Cycle 7E, berpikir kreatif matematis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 234 not found. |
Date Deposited: | 23 Feb 2017 01:51 |
Last Modified: | 16 Mar 2017 06:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/2946 |
Actions (login required)
View Item |