Penerapan metode Team Teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 3 Benda di sekitarku: Penelitian tindakan kelas di kelas III MI Cikadu Kabupaten Sukabumi

Suryadi, Muhammad Sendi (2019) Penerapan metode Team Teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 3 Benda di sekitarku: Penelitian tindakan kelas di kelas III MI Cikadu Kabupaten Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (383kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dilakukannya penelitian ini disebabkan karena belum terlaksananya proses pembelajaran di kelas yang baik. Hal tersebut dapat dilihat pada saat proses pembelajaran berlangsung ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru, tidak menulis serta tidak mampu membaca tetapi malah mengobrol dengan teman sebangkunya, berlarian keluar masuk kelas serta cara berkomunisasi yang terlalu keras sehingga menyebabkan terganggunya proses pembelajaran kepada yang lainnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas sebelum menggunakan metode team teaching. Mengetahui proses penggunaan metode team teaching pada pembelajaran tematik serta mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas III MI Cikadu Kabupaten Sukabumi setelah menggunakan metode team teaching. Metode Team teaching adalah salah satu metode mengajar sebuah mata pelajaran yang dilakukan oleh lebih dari seorang guru.Pengajaran dengan menggunakan metode ini, dapat dilakukan oleh dua orang guru hingga lima orang guru. Jadi besar kecilnya team yang tergabung didalamnya disesuaikan dengan objek siswa yang akan diajar. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Dimana dalam penelitian ini, terdiri dari dua siklus dan setiap siklus memuat empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi serta refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi aktivitas guru dan siswa, tes serta dokumetasi. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Cikadu Kabupaten Sukabumi berjumlah 20 orang yang terdiri dari 7 siswa dan 13 siswi.Waktu pelaksanaan penelitian ini yaitu pada saat jam pembelajaran tematik sesuai dengan jadwal yang terdapat di MI Cikadu Kabupaten Sukabumi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik sebelum meggunakan metode team teaching masih rendah. Sedangkan, penggunaan metode team teaching terlaksana dengan baik. Hasil belajar siswa pun meningkat ketika menggunakan metode team teaching. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan persentase aktivitas siswa dan guru di setiap siklusnya. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 74,5% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 95,5%. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I sebesar 69% mengalami peningkatan di siklus II sebesar 94%. Hal tersebut terlihat dari adanya peningkatan hasil tes kognitif siswa. Hasil tes siswa setelah menggunakan metode team teaching pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 66 dengan ketuntasan klasikal 55%. Sedangkan, pada siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 83,5dengan ketuntasan klasikal 90%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Team Teaching; Penelitian Tindakan Kelas; Madrasah Ibtidiyah; Hasil Belajar
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Elementary Education > Elementary Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Muhammad Sendi Suryadi
Date Deposited: 13 Jul 2020 07:40
Last Modified: 13 Jul 2020 07:40
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/31769

Actions (login required)

View Item View Item