Suryadi, Muhammad Sendi (2019) Penerapan metode Team Teaching untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema 3 Benda di sekitarku: Penelitian tindakan kelas di kelas III MI Cikadu Kabupaten Sukabumi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (107kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (338kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (128kB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang dilakukannya penelitian ini disebabkan karena belum terlaksananya proses pembelajaran di kelas yang baik. Hal tersebut dapat dilihat pada saat proses pembelajaran berlangsung ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan penjelasan guru, tidak menulis serta tidak mampu membaca tetapi malah mengobrol dengan teman sebangkunya, berlarian keluar masuk kelas serta cara berkomunisasi yang terlalu keras sehingga menyebabkan terganggunya proses pembelajaran kepada yang lainnya. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas sebelum menggunakan metode team teaching. Mengetahui proses penggunaan metode team teaching pada pembelajaran tematik serta mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di kelas III MI Cikadu Kabupaten Sukabumi setelah menggunakan metode team teaching. Metode Team teaching adalah salah satu metode mengajar sebuah mata pelajaran yang dilakukan oleh lebih dari seorang guru.Pengajaran dengan menggunakan metode ini, dapat dilakukan oleh dua orang guru hingga lima orang guru. Jadi besar kecilnya team yang tergabung didalamnya disesuaikan dengan objek siswa yang akan diajar. Penelitian ini menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Dimana dalam penelitian ini, terdiri dari dua siklus dan setiap siklus memuat empat komponen yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi serta refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi aktivitas guru dan siswa, tes serta dokumetasi. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III MI Cikadu Kabupaten Sukabumi berjumlah 20 orang yang terdiri dari 7 siswa dan 13 siswi.Waktu pelaksanaan penelitian ini yaitu pada saat jam pembelajaran tematik sesuai dengan jadwal yang terdapat di MI Cikadu Kabupaten Sukabumi. Hasil penelitian yang telah dilakukan menyatakan bahwa hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik sebelum meggunakan metode team teaching masih rendah. Sedangkan, penggunaan metode team teaching terlaksana dengan baik. Hasil belajar siswa pun meningkat ketika menggunakan metode team teaching. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan persentase aktivitas siswa dan guru di setiap siklusnya. Aktivitas siswa pada siklus I sebesar 74,5% mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 95,5%. Sedangkan aktivitas guru pada siklus I sebesar 69% mengalami peningkatan di siklus II sebesar 94%. Hal tersebut terlihat dari adanya peningkatan hasil tes kognitif siswa. Hasil tes siswa setelah menggunakan metode team teaching pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 66 dengan ketuntasan klasikal 55%. Sedangkan, pada siklus II nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yang signifikan yaitu 83,5dengan ketuntasan klasikal 90%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Team Teaching; Penelitian Tindakan Kelas; Madrasah Ibtidiyah; Hasil Belajar |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study Elementary Education > Elementary Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Muhammad Sendi Suryadi |
Date Deposited: | 13 Jul 2020 07:40 |
Last Modified: | 13 Jul 2020 07:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/31769 |
Actions (login required)
View Item |