Astuti, Windi Widia (2020) Penerapan model Orientation, Representation, Investigation, Presentation, and Analysis (OR-IPA) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi gelombang bunyi. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (289kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (319kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (481kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (903kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (346kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan model pembelajaran dan perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik dengan diterapkannya model OR-IPA dan model Problem Based Learning (PBL) pada materi gelombang bunyi. Metode penelitian ini kuasi-eksperimen desain Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel dari kelas XI MIPA 1 dan MIPA 2 SMAN 1 Bantarujeg sebanyak 25 peserta didik dari setiap kelas. Kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dengan model OR-IPA dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol dengan model PBL. Instrumen penelitian berupa LKPD, lembar SAS, dan tes keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan perhitungan lembar SAS, N-Gain, dan uji . Hasil penelitian menunjukan persentase keterlaksanaan model OR-IPA 76% interpretasi efektif, begitupun dengan model PBL pada kategori efektif 72%. Rata-rata N-Gain kelas eksperimen pada kategori tinggi yaitu 0,71 dan kelas kontrol kategori sedang 0,59. Hasil uji t diperoleh , sehingga dapat disimpulkan adanya perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik yang diterapkan dengan model OR-IPA dan PBL pada materi gelombang bunyi di kelas XI MIPA.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model OR-IPA; Model PBL; Keterampilan Berpikir Kritis |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Windi Widia Astuti |
Date Deposited: | 17 Sep 2020 01:47 |
Last Modified: | 17 Sep 2020 01:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/33493 |
Actions (login required)
View Item |