Meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui penggunaan Model Inkuiri dengan strategi Everyone Is A Teacher Here: Penelitian kuasi eksperimen di SMP Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru

Fitri, Ghaitsa Nur (2020) Meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui penggunaan Model Inkuiri dengan strategi Everyone Is A Teacher Here: Penelitian kuasi eksperimen di SMP Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (655kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (778kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa melalui penggunaan model inkuiri dengan strategi Everyone is A Teacher Here (EITH). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (a) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (b) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model inkuiri dengan strategi EITH; (c) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model inkuiri dengan strategi EITH lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (d) Respon siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model inkuiri dengan strategi EITH. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian tes dan nontes. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII-A dan VII-B SMP Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data n-gain, diperoleh: (a) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional mengalami peningkatan rata-rata sebesar 0,52 termasuk dalam interpretasi sedang; (b) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model inkuiri dengan strategi EITH mengalami peningkatan rata-rata sebesar 0,68 termasuk dalam interpretasi sedang; (c) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model inkuiri dengan strategi EITH lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (d) Sebagian besar siswa dengan persentase 66% merespon positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan model inkuiri dengan strategi EITH.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Representasi Matematis; Everyone Is a Teacher Here
Subjects: Education > Research and Statistical Methods
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Ghaitsa Nur Fitri
Date Deposited: 20 Oct 2020 07:39
Last Modified: 20 Oct 2020 07:39
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/34380

Actions (login required)

View Item View Item