Fitri, Ghaitsa Nur (2020) Meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui penggunaan Model Inkuiri dengan strategi Everyone Is A Teacher Here: Penelitian kuasi eksperimen di SMP Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (195kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (655kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (867kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (778kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis siswa melalui penggunaan model inkuiri dengan strategi Everyone is A Teacher Here (EITH). Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (a) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (b) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model inkuiri dengan strategi EITH; (c) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model inkuiri dengan strategi EITH lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (d) Respon siswa terhadap pembelajaran matematika yang menggunakan model inkuiri dengan strategi EITH. Data yang diperoleh menggunakan instrumen penelitian tes dan nontes. Sampel dari penelitian ini yaitu siswa kelas VII-A dan VII-B SMP Laboratorium Percontohan UPI Kampus Cibiru. Berdasarkan hasil penelitian dan pengolahan data n-gain, diperoleh: (a) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional mengalami peningkatan rata-rata sebesar 0,52 termasuk dalam interpretasi sedang; (b) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran menggunakan model inkuiri dengan strategi EITH mengalami peningkatan rata-rata sebesar 0,68 termasuk dalam interpretasi sedang; (c) Peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang menggunakan model inkuiri dengan strategi EITH lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional; (d) Sebagian besar siswa dengan persentase 66% merespon positif terhadap pembelajaran matematika menggunakan model inkuiri dengan strategi EITH.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Representasi Matematis; Everyone Is a Teacher Here |
Subjects: | Education > Research and Statistical Methods Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Ghaitsa Nur Fitri |
Date Deposited: | 20 Oct 2020 07:39 |
Last Modified: | 20 Oct 2020 07:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/34380 |
Actions (login required)
View Item |