Fitriyani, Ira (2021) Pengembangan media pembelajaran game edukasi berbasis android menggunakan aplikasi Construct 2 pada materi sistem pertahanan tubuh. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (21kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (200kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (168kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (591kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (149kB) | Request a copy |
Abstract
Media pembelajaran adalah alat pembawa pesan untuk menyampaikan materi pembelajaran. Perkembangan teknolgi informasi menuntut inovasi guru membuat media pembelajaran dengan fitur yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media pembelajaran game edukasi berbasis android menggunakan aplikasi Construct 2, pada materi sistem pertahanan tubuh, menganalisis kelayakan media, keterbacaan siswa, respon siswa terhadap media, serta efektivitas media. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) dengan model 3D. Uji terbatas dilakukan terhadap 15 orang siswa kelas XI MIPA SMA Karya Pembangunan 2. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran yang dikembangkan dengan langkah-langkah define (pendefinisian) yaitu menganalisis kebutuhan media, design (perancangan), dengan melakukan perancangan awal dan penentuan format media, dan development (pengembangan) dengan melakukan validasi media, uji keterbacaan, penilaian respon siswa dan uji efektivitas media; media yang dikembangkan sangat layak dengan nilai 85% berdasarkan validasi oleh ahli media, ahli materi dan guru biologi; keterbacaan siswa terhadap media adalah layak dengan nilai 80%; respon siswa terhadap media sangat kuat dengan nilai 84,38%; dan media ini efektif dengan ketuntasan belajar 73,3%. Dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran game edukasi berbasis android layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi sistem pertahanan tubuh.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan; Media Pembelajaran; Game edukasi; Android; Sistem Pertahanan Tubuh; |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ira Fitriyani |
Date Deposited: | 30 Mar 2021 04:40 |
Last Modified: | 30 Mar 2021 04:40 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38378 |
Actions (login required)
View Item |