Pengembangan media pembelajaran game edukasi berbasis android menggunakan aplikasi Construct 2 pada materi sistem pertahanan tubuh

Fitriyani, Ira (2021) Pengembangan media pembelajaran game edukasi berbasis android menggunakan aplikasi Construct 2 pada materi sistem pertahanan tubuh. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB) | Request a copy

Abstract

Media pembelajaran adalah alat pembawa pesan untuk menyampaikan materi pembelajaran. Perkembangan teknolgi informasi menuntut inovasi guru membuat media pembelajaran dengan fitur yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pengembangan media pembelajaran game edukasi berbasis android menggunakan aplikasi Construct 2, pada materi sistem pertahanan tubuh, menganalisis kelayakan media, keterbacaan siswa, respon siswa terhadap media, serta efektivitas media. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) dengan model 3D. Uji terbatas dilakukan terhadap 15 orang siswa kelas XI MIPA SMA Karya Pembangunan 2. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran yang dikembangkan dengan langkah-langkah define (pendefinisian) yaitu menganalisis kebutuhan media, design (perancangan), dengan melakukan perancangan awal dan penentuan format media, dan development (pengembangan) dengan melakukan validasi media, uji keterbacaan, penilaian respon siswa dan uji efektivitas media; media yang dikembangkan sangat layak dengan nilai 85% berdasarkan validasi oleh ahli media, ahli materi dan guru biologi; keterbacaan siswa terhadap media adalah layak dengan nilai 80%; respon siswa terhadap media sangat kuat dengan nilai 84,38%; dan media ini efektif dengan ketuntasan belajar 73,3%. Dapat dinyatakan bahwa media pembelajaran game edukasi berbasis android layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi sistem pertahanan tubuh.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; Media Pembelajaran; Game edukasi; Android; Sistem Pertahanan Tubuh;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ira Fitriyani
Date Deposited: 30 Mar 2021 04:40
Last Modified: 30 Mar 2021 04:40
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/38378

Actions (login required)

View Item View Item