Pengaruh promosi, harga dan produk terhadap keputusan menjadi nasabah tabungan emas pada masa pandemi Covid-19 : Studi pada Pt Pegadaian Syariah Purwakarta

Sopian, Ahmad Ali (2021) Pengaruh promosi, harga dan produk terhadap keputusan menjadi nasabah tabungan emas pada masa pandemi Covid-19 : Studi pada Pt Pegadaian Syariah Purwakarta. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (852kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy

Abstract

Pandemi Coronavirus Disease of 2019 atau Covid-19 yang terjadi sejak Desember 2019 menyebabkan kerugian pada berbagai sektor ekonomi termasuk di Kabupaten Purwakarta. Meskipun demikian, muncul trend fositif investasi logam mulia melalui tabungan emas pada PT Pegadaian Syariah Purwakarta yang mengalami peningkatan. Tercatat peningkatan nasabah sebesar 17,5% dibanding tahun sebelumnya. Padahal berdasarkan teori Supply and Demand ketika harga lebih tinggi, maka pembeli akan menuntut lebih sedikit barang. Hal ini berbanding terbalik dengan fakta yang ditemukan dilapangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh dari Promosi, harga dan produk terhadap keputusan menjadi nasabah tabungan emas. Hipotesis yang diajukan adalah bahwa promosi, harga dan produk memiliki pengaruh secara parsial dan simultan terhadap keputusan menjadi nasabah. Penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif melalui pendekatan kuantitatif dimana pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan kuesioner. Populasi yang digunkan adalah nasabah tabungan emas dengan penentuan sample melalui system random sampling dan dihitung menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10%, sehingga sample penelitian adalah sebanyak 92 orang. Teknik Analisis yang dilakukan meliputi uji validitas, Uji realibilitas Uji Normalitas, dan uju regresi bergandi yang meliputi uji regresi secara parsial dan simultan. Berdasarkan analisis dari uji t diketahui nilai R Square promosi adalah 0,534 dan dinyatakan berpengaruh signifikan secara parsial sebesar 53,4%, nilai (R Square) dari variabel harga adalah 0,457 memiliki arti berpengaruh sebesar 45,7%, dan nilai R Square dari variabel produk adalah 0,561 atau secara parsial berpengaruh sebesar 56,1%. Adapun pengaruh secara simultan nilai koefisien determinasi (R Square) terhadap keputusan menjadi nasabah tabungan emas di PT Pegadaian Syariah Purwakarta pada masa pandemic covid-19 adalah sebesar 0.634 atau 63.4%. Sedangkan sisanya 36,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Promosi;Harga;Produk;Keputusan;Menabung;Emas
Subjects: Islam > Islam and Economics
Financial Economics, Finance > Saving Banks
General Management > Sales Promotion
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ekonomi Islam
Depositing User: Ahmad Ali Sopian
Date Deposited: 05 Nov 2021 07:27
Last Modified: 05 Nov 2021 07:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/45761

Actions (login required)

View Item View Item