Pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem pernapasan

Fauziyah, Linda (2021) Pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem pernapasan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (369kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (475kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi dalam pengajaran di abad 21 yang biasanya tidak terbatas pada kemampuan memahami konsep, tetapi juga peserta didik dituntut guna mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan, media pembelajaran mempunyai pengaruh yang penting. Salah satunya dengan menggunakan sarana pengajaran yang dapat menstimulus siswa untuk mengeluarkan potensi dalam dirinya terutama dalam hal mengembangkan keterampilan berpikir kritis yaitu dengan menggunakan audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan media, mendeskripsikan kemampuan.berpikir.kritis, menganalisis pengaruh, dan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap media pembelajaran audio visual pada materi sistem pernapasan. Metode dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, soal tes kemampuan berpikir kritis, dan angket respon siswa. Hasil dari penelitian ini diantaranya keterlaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran audio visual terlaksana dengan baik. Keterampilan berpikir kritis pada kedua kelas mengalami peningkatan dengan N-Gain pada kelas eksperimen 0,78 dengan kriteria “Tinggi”, dan pada kelas kontrol 0,58 dengan kriteria “Sedang”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berpengaruh terhadap kemampuan berpikir.kritis.pada.materi.sistem pernapasan dengan nilai Thitung (13,56 ) lebih besar dari Ttabel (2,00).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan berpikir kritis; Media pembelajaran audio visual; Sistem Pernapasan
Subjects: Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Linda Fauziyah
Date Deposited: 02 Dec 2021 03:31
Last Modified: 02 Dec 2021 03:31
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/46512

Actions (login required)

View Item View Item