Fauziyah, Linda (2021) Pengaruh media pembelajaran audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis pada materi sistem pernapasan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (369kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (298kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (417kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (644kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang dihadapi dalam pengajaran di abad 21 yang biasanya tidak terbatas pada kemampuan memahami konsep, tetapi juga peserta didik dituntut guna mengembangkan keterampilan berpikir kritis. Untuk mencapai tujuan pendidikan yang diharapkan, media pembelajaran mempunyai pengaruh yang penting. Salah satunya dengan menggunakan sarana pengajaran yang dapat menstimulus siswa untuk mengeluarkan potensi dalam dirinya terutama dalam hal mengembangkan keterampilan berpikir kritis yaitu dengan menggunakan audio visual. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan media, mendeskripsikan kemampuan.berpikir.kritis, menganalisis pengaruh, dan mendeskripsikan respon peserta didik terhadap media pembelajaran audio visual pada materi sistem pernapasan. Metode dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi, soal tes kemampuan berpikir kritis, dan angket respon siswa. Hasil dari penelitian ini diantaranya keterlaksanaan kegiatan pembelajaran menggunakan media pembelajaran audio visual terlaksana dengan baik. Keterampilan berpikir kritis pada kedua kelas mengalami peningkatan dengan N-Gain pada kelas eksperimen 0,78 dengan kriteria “Tinggi”, dan pada kelas kontrol 0,58 dengan kriteria “Sedang”. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berpengaruh terhadap kemampuan berpikir.kritis.pada.materi.sistem pernapasan dengan nilai Thitung (13,56 ) lebih besar dari Ttabel (2,00).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan berpikir kritis; Media pembelajaran audio visual; Sistem Pernapasan |
Subjects: | Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Linda Fauziyah |
Date Deposited: | 02 Dec 2021 03:31 |
Last Modified: | 02 Dec 2021 03:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46512 |
Actions (login required)
View Item |