Karomah, Neli (2021) Pengembangan media pembelajaran audiovisual berbasis Toontastic 3d pada materi pencemaran lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (167kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (724kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (470kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (503kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (109kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (148kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tantangan pembelajaran di masa pandemi, dimana masa pandemi ini belajar menjadi beberapa sistem ada yang luring dan ada yang daring tak sedikit pendidik harus mempersiapkan media pembelajaran yang bisa digunakan pada belajar online maupun offline seperti media pembelajaran audiovisual berbasis toontastic 3d. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui karakteristik dari media yang dikembangkan, validasi media dan menganalisis hasil respon siswa pada media dalam materi pencemaran lingkungan. Metode yang digunakan adalah R&D (Research and Development), dengan 3-D (Define, Design, dan Development). Instrument yang digunakan meliputi lembar uji validasi media pembelajaran audiovisual berbasis toontastic 3d, lembar validasi ahli materi pada materi pencemaran lingkungan, lembar validasi guru, dan lembar respon siswa. hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik utama pada media pembelajaran audiovisual berbasis toontastic 3d ini berupa audio (suara) dan visual (gambar) yang dipadukan dengan beberapa tokoh kartun tiga dimensi dengan tema animasi kartun yang bermacam-macam, media audiovisual yang dikembangkan mendapat nilai validasi 72,25% dengan kategori valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Sedangkan pada validasi ahli materi mendapatkan nilai validasi 55% yaitu cukup valid dan cukup layak digunakan sebagai media pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan, pada validasi guru mata pelajaran IPA mendapat nilai validasi 85% dengan kategori sangat valid atau sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran, dan pada respon siswa rata-rata mendapat nilai 75% dengan kategori valid atau layak digunakan sebagai media pembelajaran dengan respon rata-rata media membantu dalam proses pembelajaran dan belajar menjadi tambah semangat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Audiovisual;Pencemaran Lingkungan; Toontastic 3d. |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Neli Karomah |
Date Deposited: | 06 Dec 2021 06:12 |
Last Modified: | 06 Dec 2021 06:12 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/46677 |
Actions (login required)
View Item |