Perancangan User Interface Design untuk media pembelajaran sekolah online berbasis website menggunakan User Centered Design dan Gestalt Principles

Noorfauzan, Ryan (2022) Perancangan User Interface Design untuk media pembelajaran sekolah online berbasis website menggunakan User Centered Design dan Gestalt Principles. Sarjana thesis, 198910252019031014.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB) | Request a copy

Abstract

User Interface (UI) merupakan tampilan visual design sebuah sistem. User Experience (UX) merupakan proses mendesain suatu produk melalui pendekatan pengguna. E-Learning merupakan sebuah proses pembelajaran berbasis elektronik. Salah satu media yang digunakan adalah jaringan computer. Desain yang berkualitas adalah dasar untuk program pembelajaran jarak jauh yang sukses. Desain antarmuka pengguna merupakan elemen penting dalam menyediakan pendidikan berkualitas dengan model e-Learning. Keberhasilan dalam pembelajaran sangat tergantung dari motivasi user (student) dan attitude-nya. Oleh karena itu, User Interface yang dirancang dengan kurang baik dapat menyebabkan rasa tersesat, kebingungan, dan frustrasi, dan menjadi rintangan untuk menciptakan pembelajaran virtual yang efektif. Maka dari pada itu, diperlukan adanya pendekatan dengan menggunakan metode Gestalt Principles dan User Centered Design. Dengan cara melakukan analisis UI, dari hasil analisis itu berupa rekomendasi perancangan. Kemudian setelah itu dilakukan usability testing untuk validasi kebutuhan dan keinginan pengguna dari hasil UI yang dirancang. Penelitian ini mendapatkan hasil yang cukup baik dengan nilai SUS 87 dari hasil Usability Testing.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: User Interface, User Centered Design, Gestalt Principles,; Usability Testing; E-Learning
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Ryan Noorfauzan
Date Deposited: 11 May 2022 02:52
Last Modified: 11 May 2022 02:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/50855

Actions (login required)

View Item View Item