Implementasi model pembelajaran Hybrid Learning pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa

Rezky, Auliyaa Myra (2022) Implementasi model pembelajaran Hybrid Learning pada mata pelajaran Al-Qur’an hadits pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (289kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[img] Text (daftarpustaka)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan studi pendahuluan, fakta yang terjadi di lapangan adalah pembelajaran pada masa covid-19 mengakibatkan menurunnya motivasi belajar siswa. Pembelajaran pun dilakukan secara hybrid atau campuran antara online – offline. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi Model Pembelajaran Hybrid learning di Kelas VIII MTs YPPS Sukamiskin Kota Bandung, 2) Hasil Belajar Siswa dalam Aspek Kognitif pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Kelas VIII MTs YPPS Sukamiskin Kota Bandung, 3) Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Hybrid learning Terhadap Hasil Belajar Siswa dalam Aspek Kognitif pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Kelas VIII MTs YPPS Sukamiskin Kota Bandung. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa hasil belajar siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yaitu faktor eksternal yang berasal dari sekolah yang berakitan dengan model dan metode pembelajaran yang digunakan. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah adanya pengaruh antara implementasu model pembelajaran hybrid learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VIII MTs YPPS Sukamiskin Kota Bandung. Langkah-langkah penelitian ini adalah: 1) Pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif, 2) sumber penelitian adalah siswa kela VIII yang berjumlah 31orang, 3) Tempat dan waktu penelitian adalah di MTs YPPS Sukamiskin Kota Bandung dari September 2021 s/d Juli 2022, 4) Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan penyebaran angket, 5) teknik analisis data melalui analisis parsial dan korelasional. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, diperoleh simpulan: 1) Implementasi model pembelajaran hybrid learning di kelas VIII MTs YPPS Kota Bandung tergolong baik yaitu 3,49 berada pada skala 3,40 – 4,19. 2) Hasil belajar siswa dalam aspek kognitif pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VIII MTs YPPS Sukamiskin Kota Bandung tergolong dalam kualifikasi tinggi dengan angka 71,83 yangberada pada skala 70 – 79. 3) Pengaruh implementasi model pembelajaran hybrid learning terhadap hasil belajar siswa dalam aspek kognitif pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di kelas VIII MTs YPPS Sukamiskin Kota Bandung sebesai 79% dan sisanya 21% dipengaruhi oleh faktor lain. Adapun koefisien korelasi nya sebesar 0,89 dengan kategori tinggi. Hasil perhitungan hipotesis diperoleh thitung > ttabel atau 10,64 > 0,3555, maka H0 ditolak Ha diterima.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran; Hybrid Learning; Qur’an Hadits; Hasil Belajar
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Auliyaa Myra Rezky
Date Deposited: 12 Oct 2022 07:27
Last Modified: 12 Oct 2022 07:27
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/59557

Actions (login required)

View Item View Item