Nisa, Dina (2022) Analisis keterampilan berbicara siswa kelas VI pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (381kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (558kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (3MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (14MB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (16MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (764kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis keterampilan berbicara siswa, faktor-faktor yang dapat memengaruhinya dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berbicara di kelas VI MIN 1 Purwakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisifasi siswa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa unjuk kerja, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Kemudian setelah data berhasil diperoleh, data dianalisis melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Berdasar pada hasil dari proses penelitian, diketahui bahwa keterampilan berbicara siswa kelas VI di Madrasah tersebut termasuk kedalam kategori rendah dengan nilai rata-rata 59. Deskripsi dari hal tersebut ialah, pada faktor kebahasaan sebagain besar siswa sudah mampu terampil dalam berbicara seperti pada kejelasan fonem dan ketepatan intonasi, namun pada faktor non kebahasaan sebagian besar siswa belum mampu terampil dalam berbicara seperti pada ketertinggalan pemahaman yang mengakibatkan tersendatnya proses penyampaian juga belum terlihat mimik ataupun gestur yang sesuai dengan hal yang sedang disampaikannya di depan. Adapun faktor-faktor yang memengaruhi keterampilan berbicara siswa kelas VI di Madrasah tersebut terbagi kedalam dua faktor yaitu faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa seperti gangguan konsentrasi, rasa takut melakukan kesalahan, rasa malu untuk mengutarakan, serta rendahnya motivasi untuk belajar. Sedangkan faktor eksternal berasal dari luar diri siswa seperti fasilitas belajar, dan lingkungan luar sekolah.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berbicara; faktor yang memengaruhi ;dan upaya meningkatkan |
Subjects: | Education, Research of Language, Related Topics of Language Analysis, Theory of Functions |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Dina Nisa |
Date Deposited: | 07 Feb 2023 05:44 |
Last Modified: | 07 Feb 2023 05:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/64342 |
Actions (login required)
View Item |