Analisis keterampilan berbicara siswa kelas VI pada mata pelajaran Bahasa Indonesia

Nisa, Dina (2022) Analisis keterampilan berbicara siswa kelas VI pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis keterampilan berbicara siswa, faktor-faktor yang dapat memengaruhinya dan upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keterampilan berbicara di kelas VI MIN 1 Purwakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisifasi siswa pada proses pembelajaran bahasa Indonesia. Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan jenis data yang digunakan adalah data kualitatif. Adapun tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa unjuk kerja, observasi, wawancara, serta dokumentasi. Kemudian setelah data berhasil diperoleh, data dianalisis melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/kesimpulan. Berdasar pada hasil dari proses penelitian, diketahui bahwa keterampilan berbicara siswa kelas VI di Madrasah tersebut termasuk kedalam kategori rendah dengan nilai rata-rata 59. Deskripsi dari hal tersebut ialah, pada faktor kebahasaan sebagain besar siswa sudah mampu terampil dalam berbicara seperti pada kejelasan fonem dan ketepatan intonasi, namun pada faktor non kebahasaan sebagian besar siswa belum mampu terampil dalam berbicara seperti pada ketertinggalan pemahaman yang mengakibatkan tersendatnya proses penyampaian juga belum terlihat mimik ataupun gestur yang sesuai dengan hal yang sedang disampaikannya di depan. Adapun faktor-faktor yang memengaruhi keterampilan berbicara siswa kelas VI di Madrasah tersebut terbagi kedalam dua faktor yaitu faktor internal yang berasal dari dalam diri siswa seperti gangguan konsentrasi, rasa takut melakukan kesalahan, rasa malu untuk mengutarakan, serta rendahnya motivasi untuk belajar. Sedangkan faktor eksternal berasal dari luar diri siswa seperti fasilitas belajar, dan lingkungan luar sekolah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara; faktor yang memengaruhi ;dan upaya meningkatkan
Subjects: Education, Research of Language, Related Topics of Language
Analysis, Theory of Functions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Dina Nisa
Date Deposited: 07 Feb 2023 05:44
Last Modified: 07 Feb 2023 05:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/64342

Actions (login required)

View Item View Item