Analisis nilai-nilai karakter pada film Riko The Series dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah

Utomo, Evi Damayanti (2023) Analisis nilai-nilai karakter pada film Riko The Series dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (895kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (838kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (964kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan mengenai banyaknya berita asusila yang dilakukan oleh anak di bawah umur dan penyimpangan perilaku hingga mengakibatkan krisis karakter terhadap anak usia sekolah dasar. Hal ini disebabkan adanya pengaruh dari tontonan yang mengandung kekerasan, pornografi, percintaan, maupun tontonan yang bertentangan dengan nilai budaya dan nilai agama. Seri Riko sudah berkolaborasi dengan beberapa bidang di pemerintahan, seperti Pemerintah DKI Jakarta, BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), BSSN (Badan Siber Sandi Nasional), dan PUSPEKA (Pusat Pengembangan Karakter). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai karakter yang terdapat dalam film Riko The Series dan relevansinya dengan pendidikan karakter di madrasah ibtidayah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan studi dokumentasi berupa film Riko The Series yang diambil dari official akun animasi Riko The Series di aplikasi Youtube. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi yaitu mengumpulkan data, menganalisis atau mengolah data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya nilai karakter dalam film Riko The Series. Terdapat tujuh dari 18 nilai karakter yang ditemukan dari episode Tanaman Bertasbih, Sekolah Online, Sahabatku, Sampah Plastik, dan Kado Istimewa pada film animasi Riko The Series. Nilai-nilai karakter yang ditemukan di antaranya: nilai karakter religius (rajin beribadah, bersyukur, berdoa sebelum dan sesudah berkegiatan, dan mengucapkan salam), nilai karakter jujur, nilai karakter disiplin, nilai karakter tanggung jawab, nilai karakter peduli lingkungan, nilai karakter peduli sosial, nilai karakter bersahabat/komunikatif (percaya diri) dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangga. Relevansi dari nilai karakter yang ditemukan dalam film Riko The Series sudah sesuai dengan nilai karakter Permendikbud No. 20 Tahun 2018 dan relevan dengan sikap yang ada dalam rumusan Permendikbud No. 37 Tahun 2018 tentang Kompetensi Inti (KI) 1 dan 2 dalam ranah sikap spiritual dan sikap sosial di madrasah ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: nilai-nilai karakter; film Riko The Series; pendidikan karakter
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Character Development
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching
Elementary Education > Other Studies for Elementary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Evi Damayanti Utomo
Date Deposited: 22 May 2023 07:50
Last Modified: 22 May 2023 07:50
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/68181

Actions (login required)

View Item View Item