Model pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve and Reinforce) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis: Penelitian quasi eksperimen

Fitri, Syifa Nur (2023) Model pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve and Reinforce) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis: Penelitian quasi eksperimen. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (491kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) gambaran peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menerapkan pembelajaran ECIRR (2) gambaran peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang mendapatkan pembelajaran konvensional; (3) manakah yang lebih baik antara peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menerapkan pembelajaran ECIRR dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen berdesain Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan sampel kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk uraian. Dari hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa; (1) kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik mengalami peningkatan setelah memperoleh pembelajaran dengan model ECIRR dengan kriteria peningkatan sedang (G=0,59) dimana 92% peserta didik mengalami peningkatan sedang dan 8% peserta didik mengalami peningkatan yang tinggi; (2) kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik mengalami peningkatan menggunakan pembelajaran konvensional dengan kriteria peningkatan sedang (G=0,42) dimana 20% peserta didik mengalami peningkatan yang rendah, 76% peserta didik mengalami peningkatan sedang dan 4% peserta didik mengalami peningkatan yang tinggi; (3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran ECIRR lebih baik dari pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve and Reinforce); Pemecahan Masalah Matematis;
Subjects: Mathematics
Mathematics > Organization and Management of Mathematics
Algebra > Algebra Combined with Other Brances
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Syifa Nur Fitri
Date Deposited: 20 Jul 2023 06:49
Last Modified: 20 Jul 2023 06:49
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69726

Actions (login required)

View Item View Item