Fitri, Syifa Nur (2023) Model pembelajaran ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve and Reinforce) untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis: Penelitian quasi eksperimen. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (491kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (479kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (177kB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) gambaran peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menerapkan pembelajaran ECIRR (2) gambaran peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang mendapatkan pembelajaran konvensional; (3) manakah yang lebih baik antara peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menerapkan pembelajaran ECIRR dan pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen berdesain Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, dengan sampel kelas VIII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VIII-C sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan yaitu tes kemampuan pemecahan masalah matematis berbentuk uraian. Dari hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa; (1) kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik mengalami peningkatan setelah memperoleh pembelajaran dengan model ECIRR dengan kriteria peningkatan sedang (G=0,59) dimana 92% peserta didik mengalami peningkatan sedang dan 8% peserta didik mengalami peningkatan yang tinggi; (2) kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik mengalami peningkatan menggunakan pembelajaran konvensional dengan kriteria peningkatan sedang (G=0,42) dimana 20% peserta didik mengalami peningkatan yang rendah, 76% peserta didik mengalami peningkatan sedang dan 4% peserta didik mengalami peningkatan yang tinggi; (3) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang menerapkan model pembelajaran ECIRR lebih baik dari pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ECIRR (Elicit, Confront, Identify, Resolve and Reinforce); Pemecahan Masalah Matematis; |
Subjects: | Mathematics Mathematics > Organization and Management of Mathematics Algebra > Algebra Combined with Other Brances |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Syifa Nur Fitri |
Date Deposited: | 20 Jul 2023 06:49 |
Last Modified: | 20 Jul 2023 06:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69726 |
Actions (login required)
View Item |