Marlina, Ayu Iis (2023) Analisis kognitif soal dalam Buku IPA Kelas VIII Kurikulum 2013 Revisi 2017 berdasarkan TIMSS 2019 Science Framework. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (890kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (167kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (55kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) | Request a copy |
Abstract
TIMSS merupakan salah satu lembaga yang melakukan penilaian matematika dan sains secara global dengan cara melihat pencapaian tingkat kognitif peserta didik. Soal-soal yang terdapat dalam bahan ajar yang menjadi penunjang bagi peserta didik untuk mencapai tingkat kognitif tertentu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui frekuensi kategori domain kognitif soal dan persentase domain kognitif dalam buku IPA kelas VIII Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan TIMSS 2019 Science Framework. Pada penelitian kali ini dilakukan analisis deskriptif kualitatif terhadap soal-soal yang terdapat dalam buku IPA kelas VIII Kurikulum 2013 Revisi 2017 dengan berdasarkan pada domain kognitif TIMSS 2019 Science Framework. Hasil penelitian menyatakan bahwa, terdapat kemunculan seluruh kategori dalam domain kognitif knowing dan applying, akan tetapi dalam domain kognitif reasoning terdapat dua kategori yang tidak muncul yaitu formulate question or hypothesize or predict dan generalize. Sedangkan persentase masing-masing domain kognitif yang ada ialah domain kognitif knowing (22,73%), domain kognitif applying (50%), dan domain kognitif reasoning (27,27%). Penelitian ini dimaksudkan sebagai suatu rekomendasi agar adanya peningkatan keseimbangan persentase domain kognitif pada buku mata pelajaran menyesuaikan dengan standar TIMSS Assessment.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kognitif; Buku IPA; Kurikulum 2013; TIMSS 2019 Science Framework |
Subjects: | Curricula Education, Research Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ayu Iis Marlina |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 04:29 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 04:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69756 |
Actions (login required)
View Item |