Analisis kognitif soal dalam Buku IPA Kelas VIII Kurikulum 2013 Revisi 2017 berdasarkan TIMSS 2019 Science Framework

Marlina, Ayu Iis (2023) Analisis kognitif soal dalam Buku IPA Kelas VIII Kurikulum 2013 Revisi 2017 berdasarkan TIMSS 2019 Science Framework. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (890kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (167kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (136kB) | Request a copy

Abstract

TIMSS merupakan salah satu lembaga yang melakukan penilaian matematika dan sains secara global dengan cara melihat pencapaian tingkat kognitif peserta didik. Soal-soal yang terdapat dalam bahan ajar yang menjadi penunjang bagi peserta didik untuk mencapai tingkat kognitif tertentu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui frekuensi kategori domain kognitif soal dan persentase domain kognitif dalam buku IPA kelas VIII Kurikulum 2013 Revisi 2017 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berdasarkan TIMSS 2019 Science Framework. Pada penelitian kali ini dilakukan analisis deskriptif kualitatif terhadap soal-soal yang terdapat dalam buku IPA kelas VIII Kurikulum 2013 Revisi 2017 dengan berdasarkan pada domain kognitif TIMSS 2019 Science Framework. Hasil penelitian menyatakan bahwa, terdapat kemunculan seluruh kategori dalam domain kognitif knowing dan applying, akan tetapi dalam domain kognitif reasoning terdapat dua kategori yang tidak muncul yaitu formulate question or hypothesize or predict dan generalize. Sedangkan persentase masing-masing domain kognitif yang ada ialah domain kognitif knowing (22,73%), domain kognitif applying (50%), dan domain kognitif reasoning (27,27%). Penelitian ini dimaksudkan sebagai suatu rekomendasi agar adanya peningkatan keseimbangan persentase domain kognitif pada buku mata pelajaran menyesuaikan dengan standar TIMSS Assessment.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kognitif; Buku IPA; Kurikulum 2013; TIMSS 2019 Science Framework
Subjects: Curricula
Education, Research
Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Ayu Iis Marlina
Date Deposited: 26 Jun 2023 04:29
Last Modified: 26 Jun 2023 04:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69756

Actions (login required)

View Item View Item