Nurjaman, Jajang (2023) Analisis penerapan etika bisnis Islam pada e-Commerce di Platform Shopee : Studi kasus pada Online Shop Mirachollecct. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_Cover.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
2_Abstrak.pdf Download (670kB) | Preview |
|
|
Text
3_Daftarisi.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text
4_Bab1.pdf Download (717kB) | Preview |
|
Text
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (944kB) | Request a copy |
||
Text
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) | Request a copy |
||
Text
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (878kB) | Request a copy |
||
Text
8_Bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (580kB) | Request a copy |
||
Text
9_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (522kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam menjalankan sebuah Bisnis kecil maupun Bisnis besar apalagi dalam transaksi jual beli online (E-Commerce) tidak terlepas dari adanya penipuan atau Tadlis yang mana Hal ini jika ditinjau dari perspektif islam tentunya sangat bertentangan, dimana penipuan (tadlis) menurut Adiwarman, tadlis secara kualitas disebabkan oleh ketidak tepatan pemberian informasi pedagang atas kondisi barang, seperti menyembunyikan kekurangan dan kecacatan. Pada September 2018 menurut data laporan yang di sampaikan oleh kominfo tercatat 16.678 kasus penipuan online. Pada tahun 2018 lebih dari 14.000 merupakan laporan penipuan transaksi online. Tentunya kasus penipuan seperti ini sering terjadi pada transaksi jual beli online yang mana salah satu contoh kasus penipuan (tadlis) ditemukan pada online shop Mirachollecct. Dalam prinsip ekonomi islam salah satunya ada prinsip nubuwah, artinya bahwa nabi Muhammad SAW merupakan teladan untuk manusia dalam berperilaku, khususnya dalam ekonomi dan bisnis. Nabi Muhammad SAW memiliki sifat-sifat utama salah satunya adalah sifat sidiq (jujur), yang mana sifat ini bertentangan dengan perilaku tadlis (penipuan). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui mekanisme transaksi jual beli online yang diterapkan di shopee pada perusahaan Mirachollecct, mengetahui penerapan etika bisnis islam dalam transaksi jual beli online di Mirachollecct, serta mengetahui dampak penerapan etika bisnis islam pada jumlah transaksi jual beli online di Mirachollect. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, jenis data yang digunakan penulis adalah data primer dan data sekunder. Dengan metode penelitian ini, penulis meninjau objek penelitian secara langsung yaitu dengan meakukan observasi lapangan dan melakukan wawancara kepada owner dan ceo (Chief Executive Officer) Mirachollecct dan melakukan dokumentasi. Yang didukung dengan data sekunder seperti data-data, arsip pendukung dan buku-buku yang berkaitan dengan penlitian. Hasil dari penelitian ini adalah perusahaan Mirachollecct telah menjelaskan mekanisme transaksi jual beli online pada e-commerce di platform shoppe, serta mengimplementasikan prinsip etika bisnis islam dalam melakukan kegiatan usahanya. Meskipun masih ada beberapa kelalaian Prinsip Etika Bisnis Islam yang masih belum terimplementasikan dengan sempurna dikarenakan ada beberapa anggota karyawan yang masih lalai dalam menjalankan usahanya. Dengan mengimplementasikan Prinsip Etika Bisnis Islam dalam kegiatan usahanya maka dampaknya pun sangat baik dan banyak keuntungan yang didapat oleh perusahaan Mirachollecct Ketika melakukan kegiatan bisnis secara online.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-Commerrce; Tadlis; Mirachollecct; Prinsip Etika Bisnis Islam; |
Subjects: | Occupational Ethics > Business Ethics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Jajang Nurjaman |
Date Deposited: | 05 Jul 2023 03:11 |
Last Modified: | 05 Jul 2023 03:11 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70061 |
Actions (login required)
View Item |