Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Current Ratio (CR) terhadap Price Earning Ratio (PER) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. AKR Corporindo Tbk periode 2012-2021

Putri, Silva Nurwanti (2023) Pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Current Ratio (CR) terhadap Price Earning Ratio (PER) pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII): Studi di PT. AKR Corporindo Tbk periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (55kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (245kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi mengenai pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Current Ratio (CR) terhadap Price Earning Ratio (PER) pada PT. AKR Corporindo Tbk. Net Profit Margin merupakan rasio profitabilitas untuk untuk mengukur kemampuan perusahaan untuk menghasilan laba bersih dari penjualan yang dilakukan perusahaan. Sedangkan Current Ratio (CR) merupakan salah satu instrument bagian dari rasio likuiditas yang dipergunakan untuk mengukur kemampuan suatu perusahaan dalam memenuhi atau membayar kewajiban jangka pendek atau utang yang segera jatuh tempo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Net Profit Margin (NPM) secara parsial terhadap Price Earning Ratio (PER), mengetahui pengaruh Current Ratio (CR) secara parsial terhadap Price Earning Ratio (PER),mengetahui pengaruh Net Profit Margin (NPM) dan Current Ratio (CR) secara simultan terhadap Price Earning Ratio (PER) pada PT. AKR Corporindo Tbk periode 2012-2021. Kerangka pemikiran penelitian didasarkan pada teori yang menyatakan bahwa saat Net Profit Margin (NPM) mengalami kenaikan maka Price Earning Ratio (PER) akan mengalami kenaikan, atau dalam kata lain Net Profit Margin (NPM) berpengaruh positif terhadap Price Earning Ratio (PER). Selain teori tersebut , teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori yang menyatakan bahwa apabila Current Ratio (CR) mengalami kenaikan maka Price Earning Ratio (PER) akan mengalami kenaikan atau dalam kata lain Current Ratio (CR) berpengaruh positif terhadap Price Earning Ratio (PER). Metode dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif verifikatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun sumber yang digunakan adalah data sekunder, yaitu annual report laporan keuangan dari PT. AKR Corporindo Tbk periode 2012-2021 . Untuk pengujian data pada penelitian ini dilakukan dengan beberapa metode , yaitu analisis deskriptif, analisis asumsi klasik dan juga uji asosiatif yang pada pengelolaan nya menggunakan SPSS Versi 29. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukan bahwa secara parsial Net Profit Margin (NPM) berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Price Earning Ratio (PER) thitung ≤ ttabeil = -1,024 ≤ -2,306 maka HO diterima dan Ha ditolak dengan koefisien 0,116. Secara parsial pengaruh Current Ratio (CR) berpengaruh negative tidak signifikan terhadap Price Earning Ratio (PER) thitung ≤ ttabeil = -0,864 ≤ -2,306 maka HO diterima dan Ha ditolak dengan nilai koefisien 0,085. Sedangkan secara simultan menujukan Net Profit Margin (NPM) dan Current Ratio (CR) secara simultan berpengaruh negative dan tidak signifikan terhadap PER dengan nilai koefisien 0,131 dan pada uji regresi berganda yang menujukan nilai NPM -1,903 dan CR sebesar -.5720. Nilai uji signifikansi Fhitung <Ftabeil (0,527 < 4,74) maka HO diterima dan Ha ditolak pada PT. AKR Corporindo Tbk.Periode 2012-2013.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Profit Margin (NPM); Current Ratio (CR); Price Earning Ratio (PER)
Subjects: Financial Economics, Finance
Financial Economics, Finance > Investment
Accounting > Financial Reporting
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Silva Nurwanti Putri
Date Deposited: 14 Jul 2023 00:59
Last Modified: 14 Jul 2023 00:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70940

Actions (login required)

View Item View Item