Strategi customer relations dalam meningkatkan kepuasan pelanggan: Studi deskrptif pada Hotel Holiday Inn Cikarang Jababeka

Aulia, Nurul (2023) Strategi customer relations dalam meningkatkan kepuasan pelanggan: Studi deskrptif pada Hotel Holiday Inn Cikarang Jababeka. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (382kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy

Abstract

Hotel Holiday Inn Cikarang Jababeka merupakan hotel industri yang bergerak dibidang jasa khusus, dimana jasa tersebut sangat penting untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan. Pertumbuhan hotel-hotel baru dan persaingan yang ketat Hotel Holiday Inn Cikarang jababeka lebih gencar untuk meningkatkan kualitas pelayanan agar dapat memuaskan harapan pelanggan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses strategi customer relations Hotel Holiday Inn Cikarang dalam meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan konsep CRM (Customer Relationship Management) dengan paradigma konstruktivisme, melalui pendekatan interpretif, metode penelitian deskriptif serta pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi pasif, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi customer yang dilakukan oleh Hotel Holiday Inn Cikarang Jababeka telah dilakukan pada 3 tahap konsep CRM yaitu pertama mendapatkan (acquire) dengan memberikan senyum, salam, sapa dan memberian sambutan hangat kepada pelanggan serta memberikan fasilitas yang sesuai, kedua meningkatan (enchance) yakni memberikan excellent service dan menawaran banyak promo-promo menarik kepada pelanggan, ketiga mempertahankan (retain) memberikan perhtian dan kepedulian terhadap customer, serta membuat evaluasi untuk mengukur ketercapaian pelayanan yang diberikan kepada customer. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan bahwa Hotel Holiday Inn Cikarang Jababeka telah melakukan strategi customer relations, dalam meningkatan kepuasan pelanggan dengan menggunakan konsep CRM (Customer Relationship Management) dengan baik yang ditunjukkan dengan sikap menjamu tamu yang konsisten.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi Customer Relations; Layanan Prima; Kepuasan Pelanggan
Subjects: Applied Psychology > Interpersonal Relations
Applied Psychology > Interpersonal Relations with Friends and Neighbors
Applied Psychology > Interpersonal Relations with Works Associates
Applied Psychology > Interpersonal Relations with Strangers
Political Ethics > Relation of Individuals to The State
Ethics of Social Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations
Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication
Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media
Social Interaction, Interpersonal Relations > Relations of Individual to Society
International Relations
Specific Field of Public Administration > Administration of Services to Domestic Order
Social Welfare, Problems and Services > Problems and Services to Other Groups
Management Housekeeping > Hotel Management
Office Services
Office Services > Office Services in Specific Kinds of Enterprises
General Management > Planning and Strategic Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Nurul Aulia Aulia
Date Deposited: 15 May 2024 07:35
Last Modified: 15 May 2024 07:35
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70977

Actions (login required)

View Item View Item