Strategi komunikasi persuasif pengurus Panti melalui pengajian mingguan dalam pembinaan akhlak anak asuh : Studi kasus di Panti Asuhan Al-Mahabbah Kota Bandung

Subki', Muhamad Taju (2023) Strategi komunikasi persuasif pengurus Panti melalui pengajian mingguan dalam pembinaan akhlak anak asuh : Studi kasus di Panti Asuhan Al-Mahabbah Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak (1).pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (102kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (313kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB) | Request a copy

Abstract

Dakwah dapat dilakukan oleh individu atau kelompok dengan tujuan untuk mengajak, memanggil dan menyeru kepada kebaikan. Pesan dakwah yang disampaikan oleh da’i menjadi inti dari dakwah itu sendiri dan memiliki peran penting. Penelitian ini melihat pesan dakwah yang dilakukan oleh lembaga sosial yang aktif dalam melakukan dakwah yakni Panti Asuhan Al-Mahabbah. Panti Asuhan AlMahabbah merupakan sebuah lembaga sosial yang bertujuan melindungi anak-anak yatim, piatu dan duafa serta menyelenggarakan program kegiatan pengajian mingguan. Program ini bertujuan untuk membina akhlak anak asuh sebagai respons terhadap masalah yang ada di lingkungan sekitar. Peneliti membagi fokus penelitian ini kedalam tiga bagian penting, yaitu: Strategi psikodinamika pengurus panti melalui pengajian mingguan dalam pembinaan akhlak anak asuh, strategi sosikultural pengurus panti melalui pengajian mingguan dalam pembinaan akhlak anak asuh dan strategi meaning construction pengurus panti melalui pengajian mingguan dalam pembinaan akhlak anak asuh. Penelitian ini menggunakan teori strategi komunikasi persuasif yang dikemukakan oleh Melvin L. DeFleur dan Sandra J. ball Rokeach sebagai alat untuk menganalisis hasil penelitian secara objektif dan menyeluruh. Penelitian ini mencakup tiga bagian penting, yaitu strategi psikodinamika, strategi sosiokultural dan strategi meaning construction yang dilakukan pengurus Panti Asuhan Al-Mahabbah melalui pengajian mingguan dalam pembinaan akhlak. Dalam penelitian ini, pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan metode penelitian studi kasus yang bertujuan untuk memahami fenomena lebih dalam mengenai strategi komunikasi persuasif yang dilakukan oleh pengurus panti. Data yang digunakan berupa kata-kata dan kalimat yang diperoleh melalui observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, peneliti memperoleh hasil yang menjawab permasalahan pada fokus penelitian terkait strategi komunikasi persuasif yang dilakukan oleh pengurus panti, yaitu: Pertama, strategi psikodinamika yang dilakukan pengurus panti pengulangan materi pengajian, sikap husnuzan, penggunaan bahasa informal dan metode ceramah interaktif ketika menyampaikan materi dakwah. Kedua strategi sosiokultural pengurus menunjukan kerapihan penampilan seragam, kekompakan anak asuh dengan teman sebaya, menyediakan tempat dan media pendukung kegiatan pengajian.Ketiga strategi meaning construction dilakukan dengan penyederhanaan bahasa/makna ketika penyampaian materi dakwah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi; panti; pengajian; pembinaan akhlak
Subjects: Social Groups
Communications Telemunications
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Taju Subki Subki
Date Deposited: 27 Jul 2023 01:42
Last Modified: 27 Jul 2023 01:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72519

Actions (login required)

View Item View Item