Analisis strategi marketing politik Partai Golkar pada Pilgub Jabar 2018 di media sosial Facebook Golkar Jabar : Analisis perspektif teori Two Step Flow dan Branding politik

Kusuma, Muhammad Hendra (2023) Analisis strategi marketing politik Partai Golkar pada Pilgub Jabar 2018 di media sosial Facebook Golkar Jabar : Analisis perspektif teori Two Step Flow dan Branding politik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi marketing politik yang digunakan oleh Partai Golkar pada Pilgub Jabar 2018 di media sosial Facebook Golkar Jabar. Dalam menghadapi kontestasi politik yang semakin kompleks, pemanfaatan media sosial sebagai alat komunikasi dan pengaruh politik telah menjadi penting bagi partai politik untuk memperoleh dukungan publik. Dalam penelitian ini, data diperoleh dari akun media sosial resmi Partai Golkar, khususnya melalui platform Facebook. Analisis isi digunakan untuk mengidentifikasi dan menganalisis konten strategi marketing politik yang diposting oleh Partai Golkar di media sosial. Pemanfaatan teori Two Step Flow juga dianalisis untuk melihat pengaruh interaksi antara Partai Golkar dan pengguna media sosial, serta peran opinion leader dalam menyebarkan pesan politik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah postingan dan interaksi pengguna di halaman Facebook resmi Partai Golkar Jabar selama periode kampanye Pilgub Jabar 2018. Analisis dilakukan melalui dua perspektif teori, yaitu teori Two Step Flow dan teori Branding Politik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Partai Golkar menerapkan strategi marketing politik yang efektif dalam mempengaruhi opini publik di media sosial Facebook. Melalui teori Two Step Flow, partai ini menggunakan tokoh-tokoh politik dan relawan yang memiliki pengaruh kuat di masyarakat untuk menyampaikan pesan-pesan politiknya kepada pengguna Facebook. Selain itu, dengan menerapkan teori Branding Politik, Partai Golkar berhasil membangun citra positif dan mengenalkan identitasnya kepada pemilih melalui konten-konten yang konsisten dan berkesan. Berdasarkan temuan tersebut, rekomendasi diberikan kepada praktisi politik untuk terus mengembangkan strategi marketing politik yang inovatif di media sosial. Selain itu, penelitian ini juga memberikan sumbangan bagi pengembangan ilmu pengetahuan dalam bidang marketing politik, khususnya dalam pemanfaatan media sosial sebagai alat komunikasi politik yang efektif. Dengan demikian, Penelitian ini memberikan kontribusi pada pemahaman strategi marketing politik dalam konteks media sosial dan konteks pemilihan gubernur. Hasil penelitian ini dapat menjadi acuan bagi partai politik lainnya dalam memanfaatkan media sosial sebagai alat kampanye politik yang efektif. Selain itu, penelitian ini juga dapat menjadi referensi bagi peneliti selanjutnya yang tertarik dalam menggali lebih dalam tentang pengaruh media sosial dalam politik dan branding politik dalam konteks lokal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial; Partai Golkar; Pesan Politik; Two Step Flow;
Subjects: Political dan Government Science
Political dan Government Science > Political Propaganda
Political Process > Political Campaigns
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik
Depositing User: Muhammad Hendra Kusuma
Date Deposited: 27 Jul 2023 06:09
Last Modified: 27 Jul 2023 06:09
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72620

Actions (login required)

View Item View Item