Penerapan metode pembelajaran Peer Instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Fisika dalam konsep gaya

Muldan, Ali Akbar (2019) Penerapan metode pembelajaran Peer Instruction untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Fisika dalam konsep gaya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (319kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (443kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (442kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan penerapan metode Peer Instruction dalam upaya meningkatkan hasil belajar siswa pada materi gaya dan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Peer Instruction terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada materi gaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan metode pre-experimental design. Penelitian dilaksanakan di MAN 2 Tasikmalaya. Hasil dari penelitian ini, menyatakan bahwa pertama berdasarkan hasil analisis lembar observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Peer Instruction di kelas X MIA 1 MAN 2 Tasikmalaya terlaksana dengan rata-rata tiap pertemuan dari jumlah keseluruhan 24 aktivitas guru dan aktivitas siswa 92% dengan kategori sangat baik. Rata-rata nilai LKPD siswa pada setiap pertemuannya 89% berkategori baik. Kedua, terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Peer Instruction terhadap peningkatan hasil belajar siswa kelas X MIA 1 MAN 2 Tasikmalaya konsep gaya cukup signifikan. Besarnya peningkatan hasil belajar siswa ditunjukkan oleh indeks normal gain sebesar 0,60 termasuk ke dalam kategori sedang. Peningkatan hasil belajar ranah afektif ditunjukkan oleh penilaian angket yang diberikan kepada siswa dengan rata-rata setiap pertemuan 76% dengan kategori baik. Peningkatan hasil belajar ranah psikomotor ditunjukkan oleh rata-rata penilaian hasil pengamatan dua orang observer setiap pertemuan 71% dengan kategori baik. Dengan demikian metode peer instruction dapat dijadikan salah satu solusi yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Metode Peer Instruction; Hasil Belajar; Pembelajaran Fisika; Materi Konsep Gaya
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Ali Akbar Muldan
Date Deposited: 06 Sep 2023 05:22
Last Modified: 06 Sep 2023 05:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75352

Actions (login required)

View Item View Item