Perilaku konsumtif Cat Lovers di kalangan mahasiswa : Studi mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Rohmatika, Intan Mitha (2023) Perilaku konsumtif Cat Lovers di kalangan mahasiswa : Studi mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (257kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (200kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (50kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (74kB)

Abstract

Memelihara hewan merupakan aktivitas yang digemari oleh banyak golongan tidak memandang umur dan jabatan salah satunya adalah mahasiswa. Hewan yang dipilih untuk dipelihara adalah kucing karena kucing merupakan hewan yang bisa ditemui dimana saja serta tidak Najis dan diperbolehkan untuk dipelihara oleh agama. Tujuan dari penelitian ini dalah untuk mengetahui lalu mendiskripsikan bagaimana Perilaku Konsumtif Cat Lovers Di Kalangan Mahasiswa (Studi Mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung). serta faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumtif dan dampaknya terhadap Cat Lovers Di Kalangan Mahasiswa. Metode Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif dengan Pendekatan Kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian Teknik analisis data yang digunakan yaitu Teknik Inteaktif dari Miles dan Huberman yang terdiri dari Reduksi data, penyajian data, serta conclusion drawing/verification. Penelitian ini berdasarkan pada teori yang digagas oleh Jean Baudrillard memunculkan istillah konsumtif atau konsumsi. Sebuah prespektif yang didasarkan pada pembelian yang tidak secara rasional melainkan keinginan semata melihat dari nilai estetik sebuah objek bukan kegunaan dari suatu barang. Hasil penelitian menujukkan bahwa Cat Lovers di kalangan mahasiswa UIN Sunan Gunung Djati Bandung berperilaku konsumtif terutama dalam hal pembelian aksesoris. Faktor yang mempengaruhi pembelian aksesoris yaitu keinginan pribadi, media sosial dan mengikuti trend serta melihat teman sesama cat lovers. Pembelian aksesoris memunculkan dampak positif yaitu mahasiswa menjadi tidak kesepian serta pembelian aksesoris digunakan untuk identitas kucing serta dampak lainnya yaitu timbulnya kepedulian dari Cat Lovers terhadap kucing lain. Dampak negatif sebagai pemborosan serta menimbulkan kecemburuan antar keluarga.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Cat Lovers; Konsumtif; Mahasiswa
Subjects: General Management > Consumer Behavior
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Intan Mitha Rohmatika
Date Deposited: 11 Sep 2023 07:19
Last Modified: 11 Sep 2023 07:19
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76559

Actions (login required)

View Item View Item