Pengembangan E-komik berorientasi keterampilan berpikir kritis pada materi struktur Atom

Syalsabila, Meisya (2023) Pengembangan E-komik berorientasi keterampilan berpikir kritis pada materi struktur Atom. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1 (2).pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text
5_bab2 (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3 (3).pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5 (2).pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy

Abstract

Abad ke-21, globalisasi dan teknologi memiliki peran penting dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan artistik siswa. Pendidikan harus mampu mendukung kemampuan berpikir salah satunya adalah berpikir kritis agar mampu mempersiapkan diri untuk menghadapi industri 4.0. Penggunaan media pembelajaran e-komik dapat dijadikan solusi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan, analisis hasil uji validasi, analisis hasil uji kelayakan pada e-komik berorientasi keterampilan berpikir kritis pada materi struktur atom. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode R&D dengan tahapan analisis, desain, implementasi desain, validasi ahli, revisi, dan uji kelayakan. Validasi dilakukan oleh tiga validator ahli media dan ahli materi. Rata-rata nilai rhitung hasil uji validasi pada aspek materi, aspek bahasa, dan aspek tampilan diperoleh masing-masing sebesar 0,73; 0,71; 0,79 dan secara keseluruhan diperoleh nilai rhitung sebesar 0,74, sehingga dinyatakan valid. Uji kelayakan dilakukan kepada 20 siswa kelas XI dan XII MIPA yang telah mempelajari materi struktur atom. Rata-rata nilai keseluruhan dari semua aspek diperoleh rata-rata nilai persentase sebesar 80,2%. Hal tersebut menunjukan bahwa e-komik berorientasi keterampilan berpikir kritis pada materi struktur atom layak digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: E-komik; Keterampilan Berpikir Kritis; Media Pembelajaran; Struktur Atom
Subjects: Education, Research of Language, Related Topics of Language
Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Meisya Meisya Syalsabila Mei
Date Deposited: 11 Sep 2023 08:43
Last Modified: 11 Sep 2023 08:43
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76852

Actions (login required)

View Item View Item