Syalsabila, Meisya (2023) Pengembangan E-komik berorientasi keterampilan berpikir kritis pada materi struktur Atom. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (176kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1 (2).pdf Download (296kB) | Preview |
|
Text
5_bab2 (3).pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3 (3).pdf Restricted to Registered users only Download (358kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4 (2).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5 (2).pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
Abstract
Abad ke-21, globalisasi dan teknologi memiliki peran penting dalam meningkatkan keterampilan dan pengetahuan artistik siswa. Pendidikan harus mampu mendukung kemampuan berpikir salah satunya adalah berpikir kritis agar mampu mempersiapkan diri untuk menghadapi industri 4.0. Penggunaan media pembelajaran e-komik dapat dijadikan solusi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan, analisis hasil uji validasi, analisis hasil uji kelayakan pada e-komik berorientasi keterampilan berpikir kritis pada materi struktur atom. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode R&D dengan tahapan analisis, desain, implementasi desain, validasi ahli, revisi, dan uji kelayakan. Validasi dilakukan oleh tiga validator ahli media dan ahli materi. Rata-rata nilai rhitung hasil uji validasi pada aspek materi, aspek bahasa, dan aspek tampilan diperoleh masing-masing sebesar 0,73; 0,71; 0,79 dan secara keseluruhan diperoleh nilai rhitung sebesar 0,74, sehingga dinyatakan valid. Uji kelayakan dilakukan kepada 20 siswa kelas XI dan XII MIPA yang telah mempelajari materi struktur atom. Rata-rata nilai keseluruhan dari semua aspek diperoleh rata-rata nilai persentase sebesar 80,2%. Hal tersebut menunjukan bahwa e-komik berorientasi keterampilan berpikir kritis pada materi struktur atom layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E-komik; Keterampilan Berpikir Kritis; Media Pembelajaran; Struktur Atom |
Subjects: | Education, Research of Language, Related Topics of Language Chemistry and Allied Science > Research and Statistical Methods of Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Meisya Meisya Syalsabila Mei |
Date Deposited: | 11 Sep 2023 08:43 |
Last Modified: | 11 Sep 2023 08:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76852 |
Actions (login required)
View Item |