Rahmanudin, Ii (2023) Analisis sistem pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren Daarul Rahman Bogor dan evaluasinya sesuai standar evaluasi Countenance Stake Evaluation. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (337kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (499kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (667kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (656kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (204kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran bahasa Arab merupakan suatu sistem yang lengkap dan kompleks yang di dalamnya terdapat rangkaian komponen yang saling berkaitan atau saling berinteraksi. Interaksi itu memunculkan adanya Efektifitas pendidikan di sekolah. Hal itu dapat terlihat dalam bentuk evaluasi. Bahkan evaluasi pun tidak lepas dari proses pendidikan. Dengan evaluasi ini, guru dapat mengetahui semua komponen dalam pendidikan, apakah sudah baik atau belum. Sehingga dapat mengetahui kompetensi siswa laki-laki dan perempuan. Jadi seberapa pengetahuan mereka. Pembelajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Daarul Rahman merupakan sistem yang terdiri dari komponen-komponen yang tersusun. Rangkaian komponen sistem pembelajaran bahasa arab itu untuk menentukan hasil pembelajaran yang berkaitan dengan kebutuhan dan tujuan tertentu. Seperti Hasil Observasi Peneliti, komponen sistem pembelajaran di Pondok Daarul Rahman terdiri dari, materi pembelajaran, metode pengajaran, yang mana terangkum dalam Persiapan Pembelajaran, proses pembelajaran, dan hasil pembelajaran. Atau juga Idad Tadris dan Kurikulum.dan kemudian peneliti menganalisis serta mengevaluasinya berdasarkan evaluasi Countenance Stake Evaluation. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui sistem pembelajaran Bahasa Arab pada tahap Persiapan dengan standar evaluasi Countenance Stake Evaluation di Pondok Pesantren Daarul Rahman Bogor, 2) mengetahui sistem pembelajaran Bahasa Arab pada tahap Pelaksanaan, dengan standar evaluasi Countenance Stake Evaluation di Pondok Pesantren Daarul Rahman Bogor, 3) mengetahui sistem Pembelajaran Bahasa Arab pada tahap Hasil dengan standar evaluasi Countenance Stake Evaluation di Pondok Pesantren Daarul Rahman Bogor. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, analitif, dan evaluatif, serta metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumen. Teknik analisis data dengan reduksi data (Data Reduction), display data (Data Display), dan kesimpulan (Data Verifying), sementara untuk mengecek validitas data menggunakan metode tringulasi. Adapun Hasil Penlitiannya. 1) Sistem Pembelajaran Bahasa Arab ditinjau dari persiapan berdasarkan evaluasi Countenance Stake menunjukkan nilai yang baik. Karena adanya pencapaian persiapan pengajaran guru bahasa arab di kelas yang baik dan sesuai dengan standar yang ditentukan dalam standar Pendidikan dan kurikulum. Dan Komponen persiapan mengajar standar praktikum dalam mengajar terdiri dari guru, bahan ajar, tujuan pengajaran dan metode pengajaran. Serta langkah-langkah pembelajarannya mulai dari pendahuluan, penyajian, kesimpulan dan evaluasi. 2) Sistem Pembelajaran Bahasa Arab ditinjauu dari Pelaksanaan berdasarkan evaluasi Countenance Stake menunjukkan nilai yang baik. Karena adanya kesesuaian antara observasi dan perencanaan. Proses pembelajaran di dalamnya terkait dengan standar, Tercapainya tujuan pengajaran bahasa Arab dalam kategori baik serta sesuai dengan persiapan pengajaran yang telah dilakukan oleh guru. Dalam kriteria pengajaran dengan buku pendidikan praktis (Gontor), guru menggunakan metode pengajaran induktif dan terapan. 3) Sistem pembelajaran bahasa Arab ditinjau dari hasil pada Countenance Stake Evaluation menunjukkan nilai yang sangat baik. Karena persiapan pengajaran dan proses pengajaran bahasa Arab sudah sesuai dengan standar yang ada. Dari persentase memperoleh 100% Lulus. Hal ini karena santri menunjukkan nilai yang sangat baik serta semua santri berhasil dan memperoleh nilai diatas KKM. Dengan demikian, hubungan dan eksklusivitas antara kesiapan, proses, dan hasil menunjukkan adanya kontinjensi antara kesiapan, proses, dan hasil pengajaran bahasa Arab di Pondok Pesantren Daarul Rahman Bogor. Peneliti merekomendasikan kepada pondok pesantren di Indonesia khusunya dalam penyusunan suatu menejemen sekolah (Manajemen) atau sistem pembelajaran perlunya persiapan pelaksanaan dan evaluasi yang matang dan terorganisir sehingga terciptanya kemudahkan dalam pelaksanaan pembelajaran. dan ini menjadi kebutuhan dalam Pembangunan Lembaga sehingga ada sebuah Laporan dan rujukan tertulis sebagai tolak ukur pencapaian dan target.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Pembelajaran; Bahasa Arab; Evaluasi |
Subjects: | Bahasa Arab Education, Research of Language, Related Topics of Language Linguistics |
Divisions: | Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Ii Rahmanudin |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 08:26 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 08:26 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/76939 |
Actions (login required)
View Item |