Strategi komunikasi melalui media sosial Instagram dalam meningkatkan Brand Image : Studi deskriptif pada akun media sosial Instagram @gvfi_id

Jantidijanto, Dilla Salsabiilalhaq (2023) Strategi komunikasi melalui media sosial Instagram dalam meningkatkan Brand Image : Studi deskriptif pada akun media sosial Instagram @gvfi_id. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (289kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI fix.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB)

Abstract

Media sosial terus berkembang, khususnya Instagram yang saat ini dimanfaatkan di berbagai industri, termasuk industri fashion. Penelitian pengelolaan Instagram GVFI sebagai strategi komunikasi dalam meningkatkan brand image tentu menarik untuk disimak karena pengguna Instagram dimanfaatkan sebagai sumber informasi untuk meningkatkan brand image. GVFI memposting berbagai hal menarik, termasuk desain gambar terbaru, artikel informatif, yang mudah dipahami sehingga GVFI sering menjadi role model dalam menyebarkan berita fashion terbaru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi melalui media sosial Instagram dalam meningkatkan brand image melalui konsep The Circural Model Of Some yang dipelopori oleh Regina Luttrell yang terdiri dari membagikan (share), optimalisasi (optimaze), mengelola (manage), dan melibatkan (engage). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan paradigma konstruktivistik dengan pendekatan kualitatif secara intepretif. Adapun metode penelitian yang digunakan ialah metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui melalui teknik observasi partisipasi pasif, serta wawancara mendalam. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa strategi komunikasi GVFI melalui Instagram @gvfi_id dalam upaya meningkatkan brand image dilakukan empat tahap, yaitu: 1) Membagikan (share) yaitu upaya langkah GVFI ikut berpatisipasi menggunakan instagram dalam menjangkau target audiens guna membangun kepercayaan publik. 2) Optimalisasi (optimaze) yaitu upaya melakukan rise audiens melalui DM dan kolom komentar serta mengoptimalisasi proses pembuatan pesan sesuai dengan trend. 3) Mengelola (manage) yaitu upaya memberikan ruang interaksi untuk menjaga kesetiaan target audiens dan melakukan media monitoring melalui insight Instagram. 4) Melibatkan (engage) yaitu upaya memperluas jangkauan publik melalui kolaborasi bersama influencer dan terlibat dalam kegiatan kemasyarakatan. Berdasarkan hasil penelitian, GVFI telah melakukan strategi komunikasi melalui media sosial Instagram @gvfi_id dalam meningkatkan brand image dan bisa menjadi referensi bagi pembaca dan peneliti selanjutnya dalam menerapkan strategi komunikasi dalam meningkatkan brand image melalui media sosial Instagram.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Instagram @gvfi_id; Model of Some; GVFI
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
General Management > Sales Promotion
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dilla Salsabiilalhaq Janti
Date Deposited: 19 Sep 2023 03:18
Last Modified: 19 Sep 2023 03:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78335

Actions (login required)

View Item View Item