Pengelolaan Digital Public Relations dalam meningkatkan Brand Image SMA Negeri 1 Bantarujeg : Studi deskriptif pada akun Instagram @Sman1bantarujeg

Herdiansyah, Rifky Wildan (2023) Pengelolaan Digital Public Relations dalam meningkatkan Brand Image SMA Negeri 1 Bantarujeg : Studi deskriptif pada akun Instagram @Sman1bantarujeg. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (361kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (216kB)

Abstract

Perkembangan informasi dan teknologi dewasa ini semakin cepat menciptakan media baru yang bentuknya berupa jaringan (online) digunakan sebagai sarana penyebaran informasi dan publikasi. Humas SMA Negeri 1 Bantarujeg melakukan pengelolaan digital public relations yang baik melalui media sosial instagram. Peneliti tertarik untuk meneliti proses pengelolaan digital public relations yang dilakukan dengan baik oleh Humas SMA Negeri 1 Bantarujeg mengenai program dan layanan pendidikan serta SMA Negeri 1 Bantarujeg yang dapat memberikan informasi dan edukasi kepada masyarakat Majalengka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pengelolaan digital public relations pada media sosial instagram. Penelitian ini menggunakan konsep The Circullar Model of Some for Social Communication dari Regina Luttrell yang dikembangkan pada tahun 2015. Konsep ini digunakan karena relevan dengan tahapan yang dilakukan bagian Humas SMA Negeri 1 Bantarujeg pada pengelolaan digital public relations dalam meningkatkan brand image di instagram @sman1bantarujeg. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif kualitatif. Data-data penelitian dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan digital public relations yang dilakukan humas SMA Negeri 1 Bantarujeg untuk publikasi mengenai SMA Negeri 1 Bantarujeg melalui empat tahap. Tahap membagikan (share) konten merupakan tahap awal yang dilakukan, tahap awal ini melakukan pengolahan informasi untuk publikasi konten. Tahap mengoptimalkan (optimize) pesan, pada tahap ini bagian humas melakukan media pengecekkan media (media screening) untuk mengetahui jenis konten informasi yang banyak diminati oleh publik. Tahap mengelola (manage) pada tahap ini melakukan media monitoring untuk pengelolaan informasi melalui fitur insight yang ada di instagram, kemudian memberikan respon cepat kepada publik. Tahap melibatkan (engage) publik dengan mengadakan kegiatan bersama dengan publik dan melibatkan influencer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Digital Public Relations; The Circular Model of Some; Media Sosial; Instagram; Brand Image
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations
General Management > Sales Promotion
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Hubungan Masyarakat
Depositing User: Rifky Wildan H
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:04
Last Modified: 20 Sep 2023 02:04
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/78470

Actions (login required)

View Item View Item