Etika Hukum Bisnis Islam dalam Endorsement Influencer Marketing di Media Sosial : Studi kasus di Caramel Hijab

Jianti, Putri (2023) Etika Hukum Bisnis Islam dalam Endorsement Influencer Marketing di Media Sosial : Studi kasus di Caramel Hijab. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (71kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstract.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
Bab 1.pdf

Download (791kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (777kB)
[img] Text (BAB III)
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (BAB IV)
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi awal peneliti yang menemukan strategi dilakukan dengan cara melebih-lebihkan produk yang dipromosikan oleh endorser untuk memberikan kesan bagus pada produk. Bahkan peneliti juga banyak menemukan online shop yang memasang foto produk yang berbeda dengan aslinya pada berbagai platform, yang berarti bahwa pelaku bisnis mengambil hasil karya orang lain dalam bentuk foto produk. Selain itu, terdapat pula foto produk dengan model yang memprlihatkan auratnya. Dan beberapa hal tersebut, juga dilakukan oleh Caramel Hijab. Tujuan penelitian ini yaitu untuk 1).Menganalisis desain yang dibuat oleh Caramel Hijab Kuningan, 2). Menganalisis strategi promosi dengan Endorsement influencer yang dilakukan oleh Caramel Hijab Kuningan, 3). Menganalisis tinjauan etika hukum bisnis Islam tentang strategi Endorsement di Caramel Hijab. Adapun kerangka pemikiran yang penulis gunakan dalam penelitian ini meliputi teori-teori mengenai etika dan hukum bisnis, etika bisnis Islam dan etika bisnis dalam peraturan fatwa Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode analisis deskriptif, dengan pendekatan yuridis empiris yang berkaitan dengan objek penelitian di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data diperoleh langsung melalui wawancara dengan owner Caramel Hijab dan juga dengan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Desain produk Caramel Hijab desain yang mengikuti perkembangan trend dan konsisten dengan warna-warna earthtone series. 2).Strategi promosi Endorsement influencer yang dilakukan oleh Caramel Hijab diantaranya adalah dengan memilih influencer dengan kriteria perempuan dengan niche di bidang fashion, komunikasi dan interaksi yang baik, dan followers yang banyak. 3). Jika ditinjau dengan hukum etika bisnis Islam maka strategi promosi Endorsement yang dilakukan Caramel Hijab dalam beberapa hal sudah berupaya menerapkan prinsip-prinsip bisnis Islam, diantaranya yaitu sudah memenuhi prinsip keseimbangan, kehendak bebas, dan tanggungjawab. Dan juga telah mematuhi KUH Perdata Pasal 1339. Namun, terdapat prinsip yang masih diabaikan oleh pihak Caramel Hijab terutama pada prinsip kesatuan/tauhid dan ihsan/kebaikan. Karena Caramel Hijab memiliki produk tanktop dan flare pants yang memiliki desain sangat ketat ketika dipakai. Selain itu, dalam proses Endorsement produk tersebut dilakukan dengan membuka aurat dan tabarruj. Dan Caramel Hijab juga telah melanggar UU No.8 tahun 1999 khususnya pada pasal 4. Kata Kunci : Hukum Bisnis, Etika Bisnis Islam, Endorsement, Sosial Media.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Hukum Bisnis; Etika Bisnis Islam; Endorsement; Sosial Media.
Subjects: Islam > Islam and Economics
Business > Education, Research, Related Topics of Business
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Muamalah
Depositing User: putri putri jianti
Date Deposited: 06 Oct 2023 09:11
Last Modified: 06 Oct 2023 09:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/79809

Actions (login required)

View Item View Item