Penggunaan model pembelajaran Scramble dalam meningkatkan berpikir kreatif dan akhlak bersosial media : Penelitian di kelas VIII A MTsN 6 Subang

Hidayat FJ, Maulana Syarif (2023) Penggunaan model pembelajaran Scramble dalam meningkatkan berpikir kreatif dan akhlak bersosial media : Penelitian di kelas VIII A MTsN 6 Subang. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (321kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (387kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara bahwa pembelajaran di kelas VIII A MTsN 6 Subang cenderung menggunakan model pembelajaran ceramah. Akibatnya, kemampuan berpikir kreatif siswa terhambat . Selain itu, permasalahan yang terjadi menunjukkan bahwa siswa cenderung kecanduan bermain media sosial setelah pulang sekolah, mengabaikan waktu ibadah. Solusi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan akhlak bermedia sosial dengan menggunakan model pembelajaran Scramble pada materi adab bersosial media. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Scramble di kelas VIII A MTsN 6 Subang, menganalisis perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan perbedaan akhlak bersosial media antara kelas eksperimen VIII A yang menggunakan model pembelajaran Scramble dan kelas kontrol VIII B yang menggunakan model pembelajaran konvensional, serta untuk mengetahui respons peserta didik terhadap model pembelajaran Scramble di kelas VIII A pada mata pelajaran akidah akhlak dengan materi adab bermedia sosial. Model pembelajaran Scramble merupakan model pembelajaran menjawab pertanyaan dengan jawaban yang sudah disediakan dalam kata yang diacak dan harus disusun dalam bentuk kalimat sehingga meingkatkan berpikir kreatif peserta dan memahami materi adab bermedia sosial. Sehingga diasumsikan terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif dan akhlak bermedia sosial setelah menggunakan model pembelajaran Scramble. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen dan desain non-equivalent group desain. Populasi yang terlibat dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A dan kelas VIII B. Instrumen penelitian menggunakan soal essay dan angket, data tersebut di uji dengan uji statistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Scramble pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan materi adab bermedia sosial dalam pandangan Islam di kelas VIII A MTsN 6 Subang berjalan dengan baik dan lancar dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Perbedaan kemampuan berpikir kreatif antara model pembelajaran Scramble dan model pembelajaran konvensional, model pembelajaran Scramble mendapatkan nilai rata-rata pre-test 2,17 dan post-test 3,42 peningkatan sebesar 1,25 dengan kriteria tinggi sedangkan model pembelajaran konvensional mendapatkan nilai rata-rata pre-test 2,14 dan post-test 2,9 peningkatan sebesar 0,76 dengan kriteria sedang. Adapun perbedaan akhlak bermedia sosial antara model pembelajaran Scramble dan model pembelajaran konvensional, model pembelajaran Scramble mendapatkan nilairata-rata pre-test 2,83 dan post-test 3,68 peningkatan sebesar 0,85 sedangkan model pembelajaran konvensional berada pada kriteria sedang dengan nilai ratarata pre-test 2,84 dan post-test 3,23 peningkatan sebesar 0,39.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; Berpikir Kreatif; Akhlak Bermedia Sosial
Subjects: Ethics of Social Relations
Islam
Islam > Islamic Religious Education
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Methods of Instruction and Study
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Maulana Syarif Hidayat FJ
Date Deposited: 26 Oct 2023 04:42
Last Modified: 26 Oct 2023 04:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/80846

Actions (login required)

View Item View Item